Dosen ITB STIKOM Bali Ciptakan Learning Manjemen System Untuk SMK PGRI 2 Badung

Caption :  –   Linda Santiari Dosen ITB STIKOM  Bali Memandu Guru Menggunakan LMS

KataBali.Com – Denpasar – Sejak  Pandemi Covid-19 membuat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terhambat, murid dan guru sudah sangat jarang bertemu karena KBM dilakukan secara online (dari rumah).Melihat kondisi tersebut, tim dosen ITB STIKOM Bali dipimpin  Ni Putu Linda Santiari, S.Kom., M.Kom., melakukan pengabdian masyarakat di SMK PGRI 2 Badung  di  Jl. I Gusti Ngurah Rai Gang Cempaka Putih No. 2A, Br. Delod Bale Agung, Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

   Di sini, tim dosen ITB STIKOM Bali melakukan pengembangan dan pelatihan penggunaan e-learning guna meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan LMS (Learning Manajement System) untuk mendukung KBM secara online. 

   Kegiatan diawali  kunjungan ke SMK PGRI 2 Badung untuk berdiskusi perihal kendala yang dihadapi saat KBM secara online. Dari diskusi,, sekolah membutuhkan LMS (Learning Manajement System) mandiri untuk mendukung KBM secara online dan disepakati dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pengembangan dan pelatihan LMS (Learning Manajement System) mandiri oleh ITB STIKOM Bali pada SMK PGRI 2 Badung.

Tim Dosen ITB STIKOM Bali bersama guru SMK PGRI 2  Badung

    Pandemi Covid-19 mengakibatkan penutupan sekolah tempat  melaksanakan KBM  tatap muka. proses KBM  online dibutuhkan  platform pembelajaran jarak jauh. SMK PGRI 2 Badung  KBM online sudah mempergunakan platform pembelajaran jarak jauh, namun penyimpanan data-data masih dilakukan masing-masing guru.

    “ Untuk itu kami melakukan  kegiatan pengabdian masyarakat mengembangkan LMS mandiri sehingga data-data KBM secara online pada SMK PGRI 2 Badung  tersimpan terpusat,” ungkap Linda Santiari di kampus ITB STIKOM Bali, Selasa (22/02/2022).Selain Linda Santiari, diikuti pula dosen  I Gede Surya Rahayuda, S.Kom., M.Kom. dan I Putu Ramayasa, S.Kom., M.Kom.

     Mereka dibantu  mahasiswa ITB STIKOM Bali Ni Putu Novi Sriwahyuni, Ni Komang Ayu Trinadi, A.A Gede Bagus Narotama Krishnarada Manohara. Pengembangkan LMS ini menghasilkan sebuah platform pembelajaran dengan nama elearning-smkpgri2bdg.sch.id. Kegiatan ini  menggunakan dana hibah dari ITB STIKOM Bali serta patisipasi mitra yaitu SMK PGRI 2 Badung. 

    Pelatihan dilakukan kepada tim IT dan guru SMK PGRI 2 Badung terkait  penggunaan website e-learning SMK PGRI 2 Badung,dilakukan  secara luring  datang langsung ke  SMK PGRI 2 Badung.Pelatihan praktek langsung, seperti  menggunakan e-learning dan mencoba fitu-fitur  dalam e-learning.Fitur e-learning  seperti penambahan topik dan materi pelajaran,tugas pembuatan ulangan dan bank soal, serta pembuatan absensi online pada e-learning.Untuk memaksimalkan Pendampingan pada guru akan dilakukan  luring dan daring.   

   “Kolaborasi kegiatan  kami rencanakan bersama mitra berjalan baik, dilihat dari antusias mitra dalam mengikuti pelatihan-pelatihan  praktek langsung penggunaan e-learning dan penerapan fitur-fitur e-learning. Kami berharap LMS ini bisa membantu proses pembelajaran di  SMK PGRI 2 Badung,” kata Surya Rahayuda.Salah satu guru dan kepala SMK PGRI 2 Badung mengakui, kegiatan dapat meningkatkan potensi guru dalam penggunaan e-learning SMK PGRI 2 Badung dan fitur-fitur di dalamnya. 

    “Pelatihan ini sangat bermafaat bagi guru untuk mengembangan diri dalam bidang teknologi informasi, saya harapkan tetap dilakukan pendampingan berikutnya,”  ungkap Luh Putu Kurniawati, S.Kom selaku Kepala Program Studi Multimedia

“Kami sangat berterima kasih kepada ITB STIKOM Bali, bersedia mengimplementasi serta menerapkan LMS di sekolah,kami berharap dengan sistem ini, pembelajaran terhadap siswa makin berkualitas baik luring maupun daring,” kata Drs. I Gusti Ketut Sukadana, M.Pd., Kepala SMK PGRI 2 Badung.  ( rls )

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *