Gubernur Wayan Koster Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi Oleh Putera Sampoerna foundation

KataBali.com – Denpasar – Kualitas pendidikan merupakan hal penting karena sangat menentukan gerak laju pembangunan disuatu wilayah. Oleh karena itu, hampir diseluruh belahan dunia senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Demikian ditegaskan Gunernur Bali Wayan Koster saat menerima audensi Senior Director Putera Sampoerna Foundation, Elan Merdy di kediaman Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Kamis (7/10).

“Salah satu komponen utama yang menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru. Peran guru sangat menentukan keberhasilan belajar peserta didik, dimana keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki guru dan kemampuan yang dimiliki peserta didik,” cetus Gubernur Wayan Koster.

Langkah aktif yang dilaksanakan Putera Sampoerna Foundation mendukung Pemerintah Daerah dalam meningkatkan dan mempercepat pemerataan kompetensi guru SMA dan SMK beserta anak didiknya di Bali pun mendapat apresiasi dari Gubernur yang sebelumnya menjabat anggota DPR RI tiga periode ini.

“Hal ini selaras dengan apa yang menjadi visi misi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Bali” dalam Mewujudkan Bali Era Baru. Melalui pendidikan vokasi, Kami berharap dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata yang paling terdampak pandemi Covid-19. Seperti diketahui pariwisata merupakan sektor yang berperan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Bali,” ujarnya.

Seperti disampaikan sebelumnya oleh Senior Director Putera Sampoerna Foundation Elan Merdy, bahwa Putera Sampoerna foundation siap mendukung program prioritas yang diselenggarakan Pemprov Bali khususnya sektor pendidikan. Dirinya pun memaparkan dukungan yang diberikan melalui program Teacher Learning Center (TLC) yang merupakan organisasi pembelajaran mandiri yang sistematis dan terstruktur yang dikelola oleh guru-guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah. TLC akan berfungsi sebagai center yang mampu merencanakan, mengembangkan dan menginisiasi program-program yang dibutuhkan serta memungkinkan guru untuk memiliki pengembangan profesional yang berkualitas. Melalui TLC guru-guru mendapatkan kesempatan untuk memperkuat profesionalisme mereka dan membangun jaringan guru dalam upaya menghasilkan guru yang kompeten untuk menciptakan lulusan sekolah yang tangguh.

“Program ini merupakan bentuk kelanjutan dari pembinaan sekolah dan guru melalui Lighthouse School Program yang sudah lebih dulu diimplementasi di Kintamani dan Singaraja. Melalui kerja bersama, Pemerintah, swasta dan masyarakat, saya yakin kita semua dapat mempercepat pemerataan kompetensi guru SMA dan SMK di Bali,” ungkapnya.

Audensi turut dihadiri Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali Wayan Budiasa, Head of Development and Program Putera Sampoerna Foundation Juliana, serta Head of Fundraising Putera Sampoerna Foundation Ida Bagus Gede Werdhi Putra.hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *