Membuka kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat Gubernur Pastika Ajak Masyarakat Untuk Berpola Hidup Sehat

KataBali.com – Taraf kesehatan menentukan kualitas hidup masyarakat, dengan berbagai program yang berkelanjutan, pemerintah sudah berusaha untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak seluruh komponen masyarakat Bali untuk bersama – sama pemerintah daerah terus menggemakan, mengkampanyekan dan melaksanakan pola hidup sehat.

Demikian ia sampaikan saat membuka secara resmi kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di Lapangan Alit Saputra, Tabanan, Minggu (23/4).

“Sehat itu mahal, seringkali kita semua mengabaikan kesehatan diri dan lingkungan, sehingga ketika kita sakit keras da memerlukan biaya berobat yang mahal barulah kita sadar bahwa sehat itu mahal, dan itu saya alami sendiri, ini juga pengalaman saya, maka dari itu saya mengjak masyaraklat semua mulailah untuk melakukan pola hidup sehat,” tegas Pastika yang menurutnya memang hal tersebut awalnya akan sangat sulit. Oleh karena itu, ia menegaskan kegiatan Germas tersebut merupakan langkah – langkah yang harus dilakukan dalam upaya memberikan pemahaman dan sosialisai kepada masyarakat trentang pentingnya kesehatan sehingga menjaga kesehatan diri tersebut menjadi budaya hidup di masyarakat. “Saya yakin dengan sosialisasi yang optimal serta kerja keras seluruh jajaran kesehatan kita akan mampu mewujudkan masyarakat Bali yang sehat dan berkualitas,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam sambutan selamat datangnya mengungkapkan bahwa secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauandan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan. Guna mencapai tujuan Germas secara lebih fokus dan terarah,maka setiap tahun dibuat beberapa fokus kegiatan dari Germas ini. Untuk tahun 2017, fokus Germas adalah melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara berkala. Disamping fokus Germas secara nasional, juga dibuat fokus Germas secara lokal sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Untuk Provinsi Bali fokus Germas lokal adalah tidak merokok dan pemberantasan jentik nyamuk.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang turut didampingi oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Ketut Suarjaya. jchb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *