Dewan Dorong Perbaikan Infrastruktur Desa dan Pertanian

Katabali.com – Perbaikan infrastruktur yang dilakukan sejak lima tahun terakhir telah dirasakan manfaatnya bagi kemajuan masyarakat desa dan sektor pertanian di Kabupaten Tabanan, Bali.

Sejumlah keluhan masyarakat atas kondisi buruknya infrastruktur kecamatan, mendapat tanggapan kalangan DPRD Tabann yang akan terus mendorong pemerintahan mendatang untuk bisa merealisasikan harapan masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi tidak menampik adanya fata di lapangan, kondisi jalan yang masih rusak dan perlu mendapat perhatian seperti di Kecamatan Marga dan Kediri.

Menurutnya, infrastruktur sangat penting dalam upaya meningkatkan pembangunan di daerah, menggerakkan ekonomi masyarakat.

Karenanya, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintahan sejak kepemimpinan pasangan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Komang Gede Sanjaya, lima tahun terakhir.

“Kendati ada persoalan infrastruktur, namun secara keseluruhan ada kemajuan di desa dan sektor pertanian, sudah keliatan lebih bagu sejak lima tahun ini,” kata politikus PDIP asal Marga ditemui Selasa (1/9/2015).

Kepemimpinan duet Eka-Jaya, telah menempatkan masalah infrastruktur sebagai prioritas dengan dukungan APBD yang diperuntukkan untuk menyokong jalan-jalan desa dan pertanian.
Sesuai program gerbang indah serasi (GIS) yang digaungkan, mendapat respons dan partisipasi swadaya masyarakat desa.

“Hampir 80 persen telah dijalankan, program partisipasi yang merupakan progam unggulan
Tabanan serasi, yang secara langsung melibatkan masyarakat secara bergotong royong,” tuturnya.

Untuk jalan-jalan kabupaten di kabupaten berjuluk lumbung pangannya di Bali, dengan konsep permanen dan hotmix. Tabanan yang memiliki jalan yang cukup panjang mencapai 800 kilometer lebih perlahan secara bertahap diperbaiki,

Dari benatangan jalan panjang di Tabanan itu, sekira 200 kilometer telah digarap dan akan terus dilanjutkan bertahap secara bertahap 10 sampai 15 tahun.

“Inilah yang pasti akan dilanjutkan Eka-Jaya jika mendapat kepercayaan masyarakat memimpin kembali Tabanan,” imbuh Eka yang juga Tim Pemenangan duet Eka-Jaya itu.

Apalagi, dalam menopang jaringan pertanian telah dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus yang diperuntukkan jaringan irigasi dan infrastruktur yang mendukung pertanian.

Kata Eka, tahun 2016, Tabanan akan mendapat perimbangan DAK dan DAK Provinsi yang akan diperuntukkan, untuk perbaikan ruas jalan kabupaten. MInimal ada beberapa kecamatan yang akan dihotmix seperti di Nyambu Kediri dan Marga serta Selemadeg.

“Kami memohon masyarakat bersabar, percayakan pasti kami dari dewan akan mengawal mendorong perbaikan infrastuktur di Tabanan secara bertahap,” tutupnya. (tim)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *