Survie Konsumen April 2024 Terindikasi Kondisi Ekonomi Bali Meningkat

KataBali-Denpasar- Survei Konsumen Bank Indonesia Bulan April 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Bali meningkat, yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali tercatat sebesar 144,5 meningkat dibandingkan periode Maret 2024 yang tercatat 142,0 artinya tetap terjaga pada area optimis (indeks > 100).

Optimisme konsumen meningkat disebabkan adanya Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri bulan April 2024. Peningkatan IKK Bali sejalan kondisi IKK nasional tercatat sebesar 127,7 dibandingkan periode bulan sebelumnya sebesar 123,8. Survei bulanan Bank Indonesia ini untuk mengetahui keyakinan konsumen terkait kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja mengatakana, meningkat dan terjaganya optimisme keyakinan konsumen di Bali April 2024 ditopang peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), yang dipengaruhi peningkatan salah satu komponen pembentuknya yaitu Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dari sebelumnya 145,0 menjadi 151,0. Sementara itu peningkatan IEK dipengaruhi peningkatan seluruh komponen pembentuknya, terutama Ekspektasi Kegiatan Usaha dari sebelumnya 147,0 menjadi 154,5, dan Ekspektasi Lapangan Kerja dari sebelumnya 144,50 menjadi 151,0. Selain itu, Ekspektasi Penghasilan juga meningkat dari sebelumnya 146,5 menjadi 148,5.

Ekspektasi konsumen yang meningkat masa mendatang mempengaruhi perkembangan konsumsi rumah tangga membuka peluang mendorong pertumbuhan ekonomi Bali lebih kuat. Hal ini perlu diiringi sejumlah langkah menjaga daya beli masyarakat,“Untuk itu Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Bali melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Bali berkoordinasi erat guna menjaga stabilitas pasokan dan harga komoditas guna menjaga tingkat inflasi Provinsi Bali tetap pada rentang kisaran target, ‘ tutup Erwin. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *