Di Ajang BI Award 2022, Bank Indonesia Provinsi Bali Raih 3 Penghargaan

KataBali.com – Denpasar – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus dari Bank Indonesia dalam ajang BI Award 2022,.yakni  penghargaan  kepada Pemerintah Provinsi Bali kategori pemerintah Provinsi dengan implementasi QRIS terbaik di wilayah Balinusra, penghargaan kepada Bank BPD Bali kategori peserta inovasi digital sistem pembayaran (BI-FAST) terbaik di KBMI 1 & 2, dan penghargaan kepada Montana Del Café kategori Merchant QRIS Usaha Mikro dan Kecil Terbaik di Wilayah Indonesia Tengah.

  Penghargaan diterima Wakil Gubernur Provinsi Bali, Prof Dr Ir Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, Direktur Utama BPD Bali, Nyoman Sudharma dan Owner dari Montana Del Cafe, Drs. I Nyoman S. Suryawa, didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, dalam acara  di Assembly Hall, Jakarta Convention Center.

Pencapaian pada ajang BI Award 2022, tidak lepas dari akselerasi digitalisasi khususnya pada sistem pembayaran yang diadopsi dengan sangat cepat di Bali khususnya pada penggunaan QRIS yang masif. Dari sisi supply, jumlah merchant yang menyediakan opsi pembayaran QRIS di Bali pada akhir Oktober 2022 tercatat sebanyak 544.809 merchant atau tumbuh 53% (yoy).

Sementara dari sisi demand, jumlah jumlah pengguna atau user QRIS di Bali telah tercatat sebanyak 609.343 user atau tumbuh 197% (ytd). Hal tersebut menjadikan Provinsi Bali secara nasional menduduki peringkat 9 (jumlah pengguna QRIS terbanyak) dan peringkat 2 (pencapaian target pengguna baru QRIS tahun 2022 tertinggi yaitu sebesar 159%).

Di saat bersamaan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali juga melaksanakan PTBI Provinsi Bali 2022, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Bupati Jembrana, Pj Bupati Buleleng, Kepala Regional 8 OJK Bali dan Nusra, dan Kepala Kanwil DJBC Bali, NTB, dan NTT, serta stakeholders Bank Indonesia Provinsi Bali. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari

 dari hasil evaluasi kinerja ekonomi Bali 2022, perekonomian triwulan III mencapai 8,09% (yoy). Hal ini salah satunya ditopang peningkatan kinerja lapangan usaha, seperti akmamin yang meningkat seiring kenaikan wisatawan ke Bali di tengah momentum libur musim panas,“ Namun, terdapat scarring effect pariwisata yang perlu diwaspadai, yaitu penurunan kualitas SDM, gangguan supply chain, penurunan kualitas fisik, serta sulitnya akses kredit,hal lain yang  diwaspadai adalah tingkat inflasi Bali bulan Oktober 2022 mencapai 6,99% (yoy),” jelas Diah Utari. 

“ Kedepan, Bali perlu melakukan penguatan dan pengembangan wisata potensial (MICE, wisata bahari, wellness tourism, dst), digitalisasi & on boarding UMKM, penguatan ketahanan pangan dalam rangka pengendalian inflasi, dan inovasi pembiayaan dan kemudahan investasi. Untuk jangka panjang, Bali juga perlu melakukan diversifikasi ekonomi dan penguatan quality tourism, ‘ tandasnya..

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, mengatakan, arah pembangunan Provinsi Bali tahun 2023 menyeimbangkan struktur dan fundamental perekonomian Bali melalui ekonomi Kerthi Bali, yang memprioritaskan pembangunan  bidang sandang, pangan, dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, adat, agama, tradisi, seni dan budaya, serta pariwisata.

Strategi jangka pendek pemulihan perekonomian Bali dengan melakukan reaktivasi destinasi wisata Bali dan ekonomi non-pariwisata. Sementara, strategi jangka menengah adalah melalui transformasi sektor pariwisata & diversifikasi ekonomi melalui 6  strategi utama, yakni  Bali Sehat  dan Pintar,  Produktif, Smart Island,  Hijau,   Terintegrasi, dan Bali Kondusif dan Berintegritas.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, memberikan 9 (sembilan) apresiasi Bali Kertha Bhuwana kepada mitra strategis Bank Indonesia yang telah mendukung dan berkolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan kebijakan Bank Indonesia di di Provinsi Bali. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *