Pertama di Indonesia, Bank Indonesia Bali Luncurkan Program Semarak QRIS Buleleng & Aplikasi PAN-G Denbukit

  KataBali.com – Buleleng – Sebagai wujud nyata komitmen dalam mendorong digitalisasi, khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat dan transaksi pembayaran, Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali meluncurkan berbagai terobosan inovasi untuk masyarakat Buleleng.

 “ Kami perwakilan Bank Indonesia,sangat mengapresiasi atas kerjasama ini, karena QRIS membantu mempercepat Gitalisasi dalam  mempercepat roda pembangunan dan ekonomi, “ terang Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Trisno Nugroho, kepada media disela HUT Kota Singaraja ke 418 di Lapangan Ngurah Rai Singaraja,sekaligus Peluncuran Program Semarak QRIS Buleleng dan Aplikasi Pan-G Denbukit  Rabu ( 30/3).

 “ Ini merupakan pertama kali di Indonesia. Melalui program Semarak QRIS Buleleng, masyarakat Buleleng memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah hanya dengan bertransaksi menggunakan QRIS di 3 (tiga) area di Kab. Buleleng selama periode 1 (satu) bulan yakni mulai 30 Maret – 30 April 2022, yaitu di Pasar Rakyat Banyuasri, pembelian tiket masuk di DTW Danau Buyan, dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di seluruh loket/teller yang tersedia.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, mengatakan, “Aplikasi Pan-G Denbukit ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk menciptakan tata kelola pemerintahan daerah nya efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel dan bersih melalui pemanfaatan digital.

“ Arah kedepannya, seluruh belanja dan pendapatan daerah di Kabupaten Buleleng sudah harus dilakukan secara digital dan nontunai, sebagai upaya bangkit dari pandemi dan berseri menyongsong endemic,” jelas Bupati Buleleng.

Trisno Nugroho menambahkan, Selain bertujuan  memberikan kemudahan bagi masyarakat Buleleng, inovasi dan segala upaya digitalisasi ini diharapkan dapat mendorong peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Buleleng dan menjadikan Kabupaten Buleleng sebagai juara Championship Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) level kabupaten yang diselenggarakan oleh Satuan Tugas P2DD di level pusat pada tahun 2022.”

 Kegiatan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, seluruh Organisiasi Perangkat Daerah, Aparat Penegak Hukum, Jajaran Instansi Vertikal dan perwakilan berbagai lapisan masyarakat.

Program Semarak QRIS Buleleng diselenggarakan untuk mendorong minat masyarakat dalam penggunaan transaksi nontunai berbasis digital, terutama menggunakan QRIS. Program yang diinisiasi bersama oleh Bank Indonesia, Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Bank BPD Bali.

  Aplikasi Pan-G Denbukit merupakan inovasi layanan pajak terintegrasi di mana masyakarat Buleleng dapat memanfaatkan layanan pajak daerah dari mulai laporan, pembayaran, hingga pengaduan, semua secara online dan digital hanya melalui handphone. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *