Bupati Eka, Government Award 2016 Prestasi Semua Elemen Masyarakat Tabanan

KataBali.com – “Saya bersyukur atas anugerah yang diberikan. Ini merupakan bukti prestasi semua pihak dan semua elemen masyakat Tabanan, khususnya jajaran eksekutif dan legislatif,” demikian diungkapkan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti disela acara Government Award 2016 di Jakarta Selasa lalu(12/4). 

Majalah Sindo Weekly memberikan Pemkab Tabanan penghargaan Government Award 2016 untuk kategori Tata Kelola Pemerintahan.

Government Award itu sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan yang digelar Majalah Sindo Weekly bagi pemerintah daerah berprestasi dari tingkat kota, kabupaten, dan provinsi.

Pada 2016 ini pelaksanaannya merupakan yang ketiga kalinya. Dalam kesempatan itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti hadir langsung menerima penghargaan yang penyerahannya dilakukan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Dr Sofyan Djalil. Selain Kabupaten Tabanan, penghargaan serupa pada kategori lain juga diterima 16 kabupaten, 14 kota, dan lima provinsi.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan juga oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H. Irman Gusman, SE, MBA, serta beberapa kepala daerah lainnya seperti Wakil Gubernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar, Gubernur Banten Rano Karno, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan beberapa kepala daerah lainnya. Serta,Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution.

Ketua Penilai Government Award 2016 yang juga Sekjen DPD RI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto menjelaskan, penghargaan tersebut sebagai bentuk dorongan serta motivasi kepada daerah maupun kepala daerah.

“Tentunya, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya demi peningkatan kualitas daerah masing-masing yang pada ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Disebutkan, proses penilaian terhadap daerah-daerah yang memperoleh penghargaan ini diawali dengan riset dari berbagai referensi. Kemudian, tim redaksi Sindo Weekly yang ikut dalam tim penilaian menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategorinya. Lalu, pemenangnya ditentukan setelah melalui proses observasi yang hasilnya diputuskan lewat diskusi.

Sementara itu, Menteri PPN dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil dalam sambutannya menyebutkan, sistem demokrasi yang diadopsi saat ini telah memunculkan sirkulasi leadership yang imbasnya adalah bermunculannya berbagai ide-ide dari masing-masing kepala daerah.

“Ide-ide yang bagus dari daerah-daerah bisa tampil. Sehingga, kepala-kepala daerah akan ditentukan dari performance, kinerja, dan prestasi yang mereka raih,” ujarnya.

Karena itu, sambung dia, ajang Government Award 2016 ini merupakan salah satu kesempatan yang baik untuk bersaing antardaerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi dalam hal memunculkan ide-ide yang baik dan kreatif yang bermanfaat bagi kemajuan daerahnya.

“Saya berharap semua ide yang bagus dan kreatif yang muncul dari masing-masing daerah bisa bermanfaat bagi masyarakat,”imbuhnya.

Di sela kegiatan, Bupati Eka Wiryastuti menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sindo Weekly yang telah memberikan apresiasi terhadap upaya Pemkab Tabanan di bidang Tata Kelola Pemerintahan.

Menurutnya, prestasi tersebut merupakan buah dari investasi karma dalam mengelola kekuasaan yang dipercayakan rakyat. Sehingga ke depannya, dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengukir sejarah.

“Demi tercapainya keadilan menuju kesejahteraan berdasarkan persatuan, rasa keimanan, dan toleransi yang tinggi dalam mewujudkan visi misi Tabanan Serasi, Sejahtera Aman Berprestasi,” tandasnya. (EP)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *