Pekerjakan Pengrajin Tenun Gringsing Satu Desa, Menteri Sandiaga Uno Beri Solusi Pengrajin di Masa Pandemi

KataBali.com – AMLAPURA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memesan 120 kain tenun Gringsing untuk dihadiahkan kepada para pemimpin dunia yang akan hadir pada perhelatan G20 di Bali tahun depan. Pesanan tenun ini ternyata bisa memperkerjakan satu desa untuk mengerjakannya. Pasalnya, selama pandemi desa Tenganan yang terkenal memiliki teknik tenun spesial tersebut tidak berproduksi lagi.

“Saya order 120 kain tenun untuk di kerjakan selama satu tahun, jadi tahun depan sudah siap ya untuk saya hadiahkan kepada para pemimpin dunia G20. Semoga pesanan ini menjadi penyemangat ibu/ibu penenun sekaligus bisa membantu para pengrajin disini,” katanya. 

Dia menegaskan, selama pandemi tidak hanya pengrajin di desa Tenganan saja yang terdampak. Melainkan seluruh pengrajin juga terkena dampak dari pandemi, selain itu Bali yang juga mengandalkan wisatawan tentunya dampaknya akan terkena ke semua sektor termasuk pengrajin tenun di desa Tenganan. “Dampaknya memang sangat besar dan saya harapkan ini segera berakhir,” tegasnya

Bahkan dari informasi yang diterima Sandi, desa ini terkenal dengan tenun yang teknik nya hanya ada di 3 negara di dunia yaitu Jepang, India dan Indonesia sehingga dapat dipastikan produksi kain tenun desa Tenganan sangat spesial dan terbaik. 

Salah satu perajin yang ditemui Sandi, ibu Susi menjelaskan, permintaan Sandiaga Uno tidak hanya membantu dirinya saja melainkan bisa membuat satu desa bergelora kembali. Pasalnya, dari permintaan Sandi yaitu sebanyak 120 kain tenun selama satu tahun maka akan memperkerjakan 400 pengrajin, jadi hampir satu desa yang bisa bekerja.

“120 kain tenun, untuk 1 tahun yang terlibat 400 orang secara keseluruhan dan 1 desa yang terlibat. karena untuk membuat 1 kain bisa melibatkan 3-5 orang. jadi untuk membuat 120 kain kurang lebih 400 orang terlibat dalam pembuatan kain dari proses penggilasan kapas, proses pemintalan benang, pewarnaan sampai proses tenun,” jelasnya. 

Usai mendapat penjelasan dari Ibu Susi, Sandi meminta mereka untuk mengerjakannya dan meminta Ibu Susi untuk bisa memberikan laporan pengerjaan kain istimewa tersebut. 

“Saya doakan pak Sandi menjadi pemimpin yang amanah, mampu memberikan solusi langsung terhadap permasalahan kaum kecil dan tetap charming dan menjadi idola emak-emak”, ujar bu Susi terharu usai mendapat pesanan langsung dari Sandiaga Uno. (oko)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *