Wabup Suiasa Buka Lomba Mancing Pemangku di Mengwi, Juga Lakukan Penanaman Pohon Cemara di Areal Pura Batu Bolong Canggu

KataBali.com – Badung – Untuk menanggulangi kejenuhan bagi Para Pemangku (Orang yang disucikan ) saat Pandemi Covid-19, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Lomba Mancing bagi para Pemangku dan Prajuru Desa Adat Mengwi  di wilayah Kolam Pancing Taman Sari, Minggu (16/8). Lomba mancing yang ditandai dengan pelepasan Ikan Lele dan diberikan kehormatan mincing tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Badung dapil Mengwi I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana dan para Tokoh Desa Mengwi.

Usai melakukan pelepasan ikan Wabup Suiasa mengatakan berkenaan dengan kehadirannya memenuhi undangan para pemangku dalam hal melakukan kegiatan melilacita dalam lomba mancing. Dikatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, karena kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari semua elemen masyarakat dalam hal untuk mensukseskan apa yang menjadi harapan pemerintah di Kabupaten Badung dan Provinsi  Bali untuk mewujudkan Sat Kertih Loka Bali yang salah satunya tentang Danu Kertih dan Wana Kertih yaitu pelestarian alam, tumbuh-tumbuhan dan juga air serta seluruh daerah aliran sungai.

Oleh karena itu  lomba mancing ini dilakukan sebagai bentuk peduli dengan lingkungan, yang walaupun dikemas dalam sebuah hiburan tetapi di dalamnya mengandung sebuah makna yaitu melestarikan lingkungan. Karena itu di Badung sudah menyatakan bahwa pelestarian lingkungan merupakan salah satu dari enam prinsip pembangunan yaitu Pro Environment yang berpihak pada lingkungan.

“Oleh karena itu kehadiran saya ini selalu memberikan motivasi dan selalu memberikan sosialisasi betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan untuk menjaga keseimbangan bhuana agung dan bhuana alit. Ini memang semuanya harus kita pelihara sebaik-baiknya dalam upaya mewujudkan apa yang dinamakan kesukertanjagat,” katanya.

Sementara itu Bendesa Adat Mengwi AA  Gede Gegel melaporkan tujuan dilaksanakan Lomba memancing ini dalam rangka menyambut HUT RI Ke 75 serta  menghibur para pemangku agar tidak stres atas kegiatan sehari-hari terutama dalam situasi pandemic Covid-19 ini. Dikatakan juga lomba mancing ini terselenggara atas bantuan  Bapak Bupati dan Wakil Bupati Badung dan tidak menggunakan dana Desa dengan jumlah pemancing 40 peserta  yang terdiri dari Jero Mangku dan Prajuru Desa.

Pada hari yang sama Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa juga melakukan Penanaman Pohon Cemara Udang  secara simbolis di Kawasan Area Pura Batu Bolong, Desa Canggu Kuta Utara. Kedatangan Wakil Bupati di sambut Anggota DPRD Badung Asal Canggu Made Suryananda, Kadis LHK I Wayan  Puja ,Camat Kuta Utara Putu Eka Permana, Perbekel Canggu Nengah Lana, Bendesa Adat dan Tokoh masyarakat setempat .

Tokoh masyarakat Canggu I Nengah Sudarsana didampingi Perbekel I Nengah Lana melaporkan di wilayah Desa Canggu saat ini sudah ditanam sebanyak 100 Pohon Cemara,Tabebuya 300  Pohon, Cempaka 250 Pohon dan Gaharu 500 Pohon

Sementara Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa  sangat senang dan berbahagia bisa bertemu dengan tokoh dan masyarakat Canggu dalam upaya membangun kerjasama keterpaduan dalam mewujudkan cita-cita dan niat pembangunan di berbagai aspek dan sektor terlebih Desa canggu yang merupakan salah satu desa unggulan yang bergerak di sektor pariwisata .

terkait penanaman pohon menurut Suiasa merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga agar  lingkungan  tetap terjaga dengan baik dengan harapan agar tanaman tersebut tidak hanya ditanam tetapi harus  dirawat dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.hbd

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *