Bali Raih Penghargaan Response Rate Tertinggi Pertama dalam Sensus Penduduk Online 2020

KataBali.com – Denpasar – Bali menerima penghargaan sebagai provinsi dengan Response Rate Tertinggi Pertama dalam Sensus Penduduk Online 2020 dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia Dr Suhariyanto. Penghargaan ini diserahkan Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho kepada Gubernur Bali Wayan Koster di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha Denpasar, Jumat (17/7).

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran Gubernur Bali Wayan Koster beserta jajaran Pemerintah Provinsi Bali. “Terima kasih kepada Gubernur Bali beserta jajaran Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan dukungan dalam menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020,” kata Adi Nugroho.

Pada Sensus Penduduk (SP) Online yang digelar BPS sejak tanggal 15 Februari sampai 29 Mei 2020, tercatat sebanyak 1.571.119 penduduk atau 35,59% dari 4.414.431 penduduk Provinsi Bali telah berpartisipasi dalam SP Online. Jumlah ini tertinggi di Indonesia, diikuti oleh Sumatera Selatan 31,84% dan Bangka Belitung dengan response rate 31,21%.

“Persentase partisipasi SP Online Provinsi Bali (35,59% dari total penduduk Bali) adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia,” ujar Adi Nugroho, menjelaskan. Ia menambahkan, ini bagian dari sejarah pertama kalinya Sensus Penduduk Online di Indonesia.

Pada bulan Februari 2020 Gubernur Bali Wayan Koster, Wagub Cok Ace dan Sekda Dewa Indra menjadi pionir pengisian Sensus Penduduk Online 2020. Langkah ini diikuti oleh seluruh pegawai di Pemerintah Provinsi Bali. Gubernur Koster juga terus mengajak masyarakat Bali untuk berpartisipasi dalam SP Online 2020, baik secara lisan maupun melalui materi promosi.

Mengingat tahapan Sensus Penduduk 2020 belum selesai dan masih harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan akan mendukung BPS Bali dalam menyelesaikan SP 2020 ini. “Saya pasti mendukung,” kata Gubernur Koster, menandaskan.hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *