Penetrasi Asuransi Jiwa Rendah, AAJI Bidik Pengguna Internet Segmen Milineal dan Gen Z

KataBali.com – Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (IKNB 2A OJK) Ahmad Nasrullah, didampingi,Ketua AAJI, Budi Tampubolon dan Ketua Panitia DRiM 2019, Wiroyo Karsono, di Nusa Dua Bali.

Katabali.com, Nusa Dua.

Penetrasi asuransi jiwa di tanah air yang terbilang masih cukup rendah,disbanding dengan Negara tetangga Malaysia.Sementara penetrasi penggunaan internet di Indonesia sangat tinggi merupakan suatu opportunity bagi industri asuransi jiwa.Transformasi digital adalah kunci penghubung untuk kedua hal tersebut.

   Penetrasi penggunaan internet dan pengguna media sosial di Indonesia diharapkan dapat mendorong penetrasi pasar market asuransi di Indonesia. Dengan wilayah yang sangat luas dan ribuan pulau, komunikasi digital adalah kunci utama mendekatkan diri dengan segmen Milenial dan Gen Z tersebut.

    Guna mendorong para anggotanya menerapkan teknologi  digital,AAJI kembali menyelenggarakan Seminar Digital & Risk Management in Insurance (DRiM) 2019. Dibuka  Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (IKNB 2A OJK) Ahmad Nasrullah, didampingi,Ketua AAJI, Budi Tampubolon dan Ketua Panitia DRiM 2019, Wiroyo Karsono, dilaksanakan dari  25-27 September 2019 di The Westin Hotel, Nusa Dua Bali.

    Dalam mempersiapkan seminar DRIM 2019, AAJI bekerjasama dengan Nielsen, melakukan survei khusus terkait pandangan generasi milenial terhadap asuransi dan kebutuhan dimasa depan.Dari hasil survey yang telah dilakukan, terlihat bahwa segmen milenial (usia 25-38tahun) sudah memahami pentingnya asuransi dan paham bahwa mereka dapat membelinya melalui jalur distribusi digital (online).

   Seminar DRiM, merupakan salah satu program kerja AAJI dalam meningkatkan penetrasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.“ Melalui kegiatan DRIM 2019, kami berharap industri asuransi dapat menyiapkan strategi yang tepat guna meningkatkan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia,“jelas Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon,kepada wartawan, disela Seminar,Kamis ( 26/9 ) di Westin.

   Ia menyebutkan, Besarnya potensi pasar industri asuransi di Indonesia ini harus segera digarap. Beragam kemudahan teknologi saat ini kami yakini dapat mendorong percepatan penetrasi pasar khususnya anak-anak milenial, yang sudah melek  dengan dunia Digital

    Walaupun produk asuransi jiwa lebih dikenal dan diminati  segmen usia lebih tua (late Millennial (usia 30-38 tahun), namun terkait kesadaran berasuransi segmen usia muda atau dikenal dengan Gen Z (usia 17-24 tahun) sudah mulai aware akan pentingnya perlindungan asuransi.

     Peran agen/financial advisor yang menawarkan informasi mengenai produk dan layanan asuransi jiwa masih menjadi jalur utama dimana lebih dari 77% dari total premi baru dihasilkan dari jalur distribusi keagenan dan bancassurance), meski begitu penjualan jalur digital (digital insurance) sudah mulai terlihat (sekitar 0.01%) dari total premi baru Rp 54,57T (data Q2 2019 – AAJI).

       Program-program marketing dari jalur digital ataupun media sosial khususnya bagi segmentasi Millennial dan Gen Z kedepannya diharapkan dapat mempengaruhi dan memberikan andil besar dalam penetrasi asuransi jiwa.Hasil survey oleh AAJI ini akan dibahas secara rinci pada seminar ini. Bagaimana trend kebutuhan milenial terhadap asuransi jiwa, cara mereka bertransaksi dan pemahaman tentang asuransi.

      ”Teknologi menyebabkan jarak semakin tipis, sehingga  perlu tindakan nyata dari  industri atau pelaku industri asuransi untuk semakin cepat dan tepat memenuhi kebutuhan nasabah dan memberikan layanan terbaik”. Ketua Panitia DRIM 2019,” jelas  Wiroyo Karsono.

“AAJI melihat, generasi millennial sudah memiliki inisiatif dan minat untuk melindungi masa depan keuangannya, hal ini tentu harus disikapi juga oleh industri asuransi, bagaimana selanjutnya industri asuransi menentukan investasi perusahaan dibidang teknologi digital, guna meraih pasar dari kalangan milenial,” jelas Wiroyo.

   Dengan tema Capturing Potentials Among Digital Millennials“, hampir 500 peserta akan mendapat perspektif, perihal pentingnya transformasi disemua lini bisnis untuk memanfaatkan digitalisasi, sehingga dapat menentukan design produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar sesuai target pasar yang ingin diraih.

     Seminar DRiM 2019 menghadirkan pembicara dari pelaku industri asuransi & digital serta beragam profesional terkait teknologi dan digital, antara lain,Prof. Rhenald Kasali – Founder Rumah Perubahan,Managing Director Nielsen Indonesia – Agus Nurudin,President Director PT Blue Bird Tbk – Noni Sri Ayati Purnomo,Executive Director Grab Indonesia – Ongki Kurniawan,CEO RDS Group – Randy Chandra,Co-Founder and CCO GoBear – Marnix Zwart,Founder dan CEO Qoala – Harshet Lunani,Co-Founder Tokopedia – Leontinus Alpha Edison,Country Director of Google Cloud Indonesia – Megawaty Khie,READI – Nicholas Yeo,Director of Enterprise Payment OVO – Harianto Gunawan,Managing Director, COO DBS Indonesia – Bimo Notowidigdo,Regional Chief Risk Officer – Allianz Asia/Pacific – Joerg Biebel,Chief Transformation Officer PT Prudential Life Assurance – Premraj Thuraisingam,Chief Strategy Officer AIA Singapore – Chiew Ai Chin.

      Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimistis, digitalisasi dalam industri keuangan baik perbankan dan non perbankan, dalam hal ini khususnya di industri asuransi akan mendorong peningkatan akses keuangan dan literasi di masyarakat.

    Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (IKNB 2A OJK), Ahmad Nasrullah yang turut hadir membuka secara resmi mengatakan, “Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam industri jasa keuangan termasuk asuransi akan memberi nilai tambah, dalam aktivitas bisnis kesehariannya”.  Ujar Ahmad.

   Untuk itu, industri asuransi juga harus menyesuaikan dan mengoptimalisasi aktivitas bisnisnya, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, dimana, semakin dekatnya masyarakat kita terhadap pemanfaatan teknologi digitalisasi dan informasi. (nn)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *