Majukan Prestasi Olahraga, Gubernur Koster Gandeng Keterlibatan Swasta

KataBali.com – Denpasar – Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali Made Rentin menerima audensi rombongan Pengurus Pusat Federasi Olahraga Kabbadi Seluruh Indonesia (FOKSI) yang dipimpin Ketua Umumnya IGB Alit Putra di Kediaman Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Minggu (18/8).

Pada kesempatan itu, Gubernur Koster menyampaikan apresiasi terhadap  prestasi atlet Kabbadi Bali di tingkat nasional maupun internasional, hingga ikut mengangkat nama Bali. Atas berbagai prestasi itu, Gubernur menyatakan dukungannya terlebih  kontingen Bali seringkali mewakili Indonesia di event Internasional.

“Saya sebenarnya kurang familiar dengan cabor (cabang olahraga) ini. Karena itu, saya ingin bertemu dengan para pengurusnya, agar saya bisa mendalami. Sehingga bisa disusun apa yang Pemprov bisa bantu. Dan melihat prestasinya, putra-putri Bali ini patut didukung, baik support pendanaan maupun sarana prasarana demi peningkatan prestasi para atlet,” kata mantan anggota DPR RI tiga periode ini.

Tak hanya lewat penganggaran APBD Provinsi Bali, Gubernur Koster pula mencetuskan ide, ke depan untuk melibatkan peran serta swasta melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dalam men-support pendanaan cabor ini. 

“Keterlibatan swasta juga ada peluang, nanti saya akan coba undang mereka seperti perbankan dan swasta lainnya.  Melalui CSR yang mereka miliki untuk mendukung kemajuan Kabbadi dan cabor lainnya. Jika swasta mau ikut terlibat, pasti banyak dana yang bisa digalang,” imbuh Gubernur Koster.

Lebih jauh, para pengurus diharapkannya bisa menyusun sistem pengembangan olahraga Kabbadi agar bisa berkesinambungan dari generasi ke generasi, dan yang terpenting meraih prestasi terbaik.

“Saya ingin olahraga di Bali maju dan menjadi primadona, tak terkecuali Kabbadi. Saya ingin pengurus bisa mencetak atlet-atlet yang berprestasi, dan berkelanjutan. Dalam artian terus ada regenerasi, sehingga tidak terputus, apalagi prestasinya nyambung terus. Untuk itu tolong susun sistemnya, agar olahraga ini bisa masuk ke dunia pendidikan, diikuti olahraga sejak usia dini, sehingga nanti kita memiliki bibit-bibit atlet yang unggul,” kata Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini.

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Olah Raga Kabbadi IGB Alit Putra menyampaikan harapannya agar ada dukungan dari pemerintah daerah terhadap keberadaan olahraga Kabbadi. Apalagi selama ini atlet Kabbadi Bali telah banyak menorehkan prestasi. 

Bahkan lanjut dia, kontingen Bali selalu mewakili Indonesia di ajang internasional. Tak hanya itu, untuk tingkat ASEAN, Kabbadi Bali menjadi tempat studi banding bagi atlet-atlet negara kawasan Asia Tenggara.

Pada tanggal 27-28 Agustus,  12 atlet Kabbadi Bali terdiri dari 6 putra dan 6 putri kembali akan mewakili Indonesia untuk mengikuti event tingkat internasional di Krabi, Thailand. Berikutnya sebanyak 7 atlet putra lanjut mengikuti event di Korea. hpb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *