Puluhan Chef Ternama Meriahkan Ubud Food Festival 2019 Angkat Masakan Indonesia Go Internasional

 

KataBali.com. –  Denpasar.Ubud Food Festival 2019 kembali digelar untuk ke 5 kalinya, Tahun 2019  mulai 26-28 April nanti menghadirkan puluhan Chef ternama dari berbagai Negara,dan khusus Indonesia akan berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan, diantaranya Ben Ungermann, Master Chef Asutralia 2017, Branden White dari Australia, Carlos Montobbio , Carles  Toto dan jayapura Papua dan banyak Chef lainnya.

 

“Di Ubud Food Festival ini akan hadir sekitar 100 pembicara dari berbagai kalangan. Dari jumlah itu, ada sekitar 70 chef, bertarap internasional,” ujar GM Ubud Food Festival Kadek Purnami, saat umpa pers  dipandu Wayan Juniarta, Senin (22/4) di Kubu Kopi, Denpasar.

 

Ubud Food Festival (UFF) kali ini mengangkat tema “Spice up the World”  bertujuan antara lain ingin mempopulerkan masakan Indoneaia (lokal) ke kancah dunia. “Melalui UFF ini kita ingin menjadikan masakan Indonesia mendunia, dan bagaimana memasukkan masakan daeerah a ke menu favorit mereka,” jelas Purnami, didampngi  Chef Merah Putih & Sangsaka Maxie Millian

 

Kadek Purnami mengatakan,festival ini akan menggunakan bahan-bahan organik  ramah lingkungan termasuk juga penanganan limbahnya.Event UFF pihaknya  menggandeng ABC, dan kerja sama dengan sejumlah venue dan restoran  di Ubud. Sekitar 200 program di UFF ini seperti memasak, industri kuliner juga diskusi-diskusi dengan menghadirkan pembicara sekitar 100 orang dari berbagai kalangan termasuk mereka yang terjun di bisnis restoran.Diselingi pentas music dan film dokumenter.

 

“Anak-anak juga bisa ikut workshop  pembuatan ice cream, ada puluhan store makanan baik lokal maupun internasional, “ Diharapkan makanan bisa sebagai gerbang memperkenalkan budaya,” imbuh Purnami, menambahkan beberapa tahun belakangan ini  masakan (kuliner) lagi trend.

 

Karena itu kegiatan ebelumnya dikemas dalam “The Kitchen”  berkembang  menjadi  Ubud Food Festival ini. “ Awalnya respons masyarakat begitu besar terhadap dunia makanan ini,” tambah Purnami.Ia optimis event UFF bakal dihadiri sekitar 15 ribu pengunjung.

 

Chef Merah Putih & Sangsaka Maxie Millian yang telah melanglang buana hingga Dubai mengatakan, sudah dua  kali mengikuti UFF, Meski di awal karirnya banyak berkecimpung di masakan western, namun Maxie memuji masakan Indonesia jauh lebih menarik dan sangat disukai.

 

“Pencinta kuliner dunia, belum begitu mengenal dengan baik masakan Indonesia, sebagian hanya kenal Rendang, Nasi Goreng, dan Bakso,tapi belum mengenal ribuan macam kuliner Nusantara, yang kaya akan rempah, “ ungkap Maxie Millian yang mengangkat  masakan-masakan khas Indonesia di restoran  Merah Putih & Sangsaka.

 

Wayan Juniarta, National Program Manager untuk Ubud Writers & Readers Festival, sister festival dari Ubud Food Festival, mengatakan, kehadiran UFF di tengah warga Ubud di Kab, Gianyar, membawa dampak sangat positif bagi pengusaha kuliner, petani dan peternak, karena banyak restoran di Gianyar, bekerjasama dengan petani dan warga setempat untuk menanam sayur dan peternakan dnegan baik, menghasilkan produk bahan makana berkualitas, ramah lingkungan serta terjamin kesegaran dan kesehatan dan kuliner yang disajikan.

 

“ Bahkan, pengusaha restaurant memiliki lahan pertanian sayur, dan buah di Kintamani, dan di Ubud sendiri, petani juga bergairah karena hasil tanaman mereka terjual dengan harga, dan kuliatas tinggi, “ ungkap Juniarta.

 

UFF merupakan festival makanan  diprakarsai  Yayasan Mudra Swari Saraswati. Festival ini  didukung Kementerian Pariwisata  Indonesia mengangkat tema Spice Up the World  diartikan sebagai ide  menjadikan makanan Indonesia mendunia, “ Kita ingin membantu mempopulerkan masakan dan makanan Indonesia ke kancah dunia,” jelas Kadek Purnami.

 

Dalam sesi Food for Thought,akan dibahas juga  isu mengenai limbah makanan hingga kedaulatan pangan, rempah hingga pertanian Indonesia, produk lokal hingga makanan masa depan, bahkan cerita di balik dapur dari para chef . ( nani )

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *