KataBali.com –  Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari, karena posisi Pulau Dewata sebagai tujuan pariwisata dunia.

“Bali sudah delapan kali berturut-turut menjadi `the best destination in the world`, untuk itu janganlah kita lengah. Jaga terus lingkungan kita, kurangi penggunaan plastik. Kita harus bisa hentikan penggunaan plastik, saya yakin kita bisa kalau kita mau. Mari kita jaga alam Bali bersama-sama,” katanya di Denpasar, Minggu 11/3 kemarin.

Saat berorasi pada Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) itu, Pastika mengatakan, sampah khususnya sampah plastik harus menjadi perhatian semua pihak, karena sampah plastik sangat sulit terurai sehingga akan merusak lingkungan sekitar.

“Terlebih baru-baru ini ada fenomena tumpukan sampah plastik di lautan yang memberi dampak buruk pada citra pariwisata Bali serta mengganggu kenyamanan para wisatawan,” ujarnya.

Meskipun peristiwa menumpuknya sampah di lautan dan sekitar pantai dapat dikatakan terjadi dalam waktu tertentu saja sebagai akibat dari musim, Pastika mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik.

“Kami sangat berharap masyarakat turut berperan nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” jelas Pastika.

Seluruh komponen masyarakat, baik itu mahasiswa maupun pelaku pariwisata diharapkan bergerak bersama dalam membersihkan lingkungan sekitar dari sampah khususnya sampah plastik. jcat