Objek Wisata Kebun Raya Bedugul Ditutup, Terkena Banjir Bandang

KataBali.com – Bencana alam akhir-akhir ini menerjang sejumlah wilayah di Bali. Setelah sebelumnya kawasan wisata Kintamani, Bangli diterjang tanah longsor, kini giliran Obyek Wisata Bedugul di Tabanan diterjang banjir bandang dan tanah longsor.
Musibah alam dikawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, ini membuat pihak pengelola Kebun Raya Bedugul akhirnya terpaksa menutup kawasan wisata yang dikenal sejuk dan rindang itu untuk sementara waktu. Penutupan ini dilakukan lantaran banyak tumpukan lumpur akibat hujan semalaman.
“Hujan tidak putus-putus dari kamis malam hingga tadi malam. Bahkan jalan tertutup genangan air dan lumpur, jalur menuju Singaraja juga banyak pohon tumbang. Saya harapkan untuk warga yang ingin menuju jalur Denpasar-Bedugul-Singaraja untuk lewat jalur lain,” ucap salah seorang petugas BPBD Bali di lokasi.
Menurutnya, untuk kawasan Baturiti yang mengalami tanah longsor ada di empat desa yakni Desa Candikuning, Desa Baturiti, Desa Bangli, Desa Batunya, Desa Antapan dan Desa Mekarsari.
Bencana di kawasan ini juga mengakibatkan jembatan jebol di jalur jalan kabupaten yang menghubungkan Banjar Bukit Catu dengan Banjar Candikuning II Desa Candikuning, Bedugul.
Tampak lumpur juga memenuhi areal Kebun Raya Eka Karya Bali-Bedugul yang menghubungkan pura Batu Meringgit dan pura Teratai Bang.
“Objek Wisata Ulun Danu Beratan juga tertimbun material lumpur bebatuan dan batang kayu serta sampah plastik,” ungkapnya.
Sementara itu, Pelaksana Harian Kebun Raya Bedugul, I Made Patru menjelaskan kejadian ini merupakan kejadian yang kedua kalinya melanda wisata Kebun Raya di Bedugul.
“Saat ini dalam upaya pembersihan yang memprioritaskan jalan di Kebun Raya yang penuh tanah dan bebatuan. Untuk hari ini kita tutup sementara, mungkin nanti sampai hari Minggu ini tutup, setelah itu kita lihat perkembangannya,” ucap Made Patru, Sabtu (11/2).
Ia menjelaskan bahwa sebuah jembatan penghubung warga Candikuning I menuju jalan akses masuk ke Kebun Raya kini terisolir. Lantaran jembatan tersebut putus akibat meluapnya air dan menggerus jalan pada jembatan.
Kendati tidak ada laporan korban jiwa, namun banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi semalam dikawasan ini mengakibatkan kerugian ditafsir mencapai hingga Rp2 miliar lebih. Kabar yang berembus juga menyatakan jika bencana ini nyaris membuat beberapa warga di Candi Kuning I ada yang hanyut namun berhasil diselamatkan.(BB-Kb).

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *