Wagub Sudikerta Apresiasi Keberadaan Pesraman Penjor Agung Jagadhita

 

KataBali.com – Wagub Bali Ketut Sudikerta menghadiri karya mlaspas parahyangan dan wantilan alit Pesraman Penjor Agung Jagadhita Desa Bengkala, Kubutambahan, Buleleng Kamis kemarin(1/9).

Pesraman yang diresmikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada Desember tahun lalu ini, adalah sebuah yayasan untuk belajar ilmu keagamaan bagi warga di Bali yang ingin menjadi pemangku dan memperdalam Hindu. Sudikerta menyambut keberadaan pesraman ini sebagai media bagi umat Hindu untuk lebih memahami ajaran agama sekaligus meningkatakan sradha bhaktikepada Ida Hyang Widhi.

Inisiator pesraman ini Jero Penjor Wisnaya mengungkapkan keinginannya untuk mewujudkan embrio desa Bengkala sebagai desa wisata budaya hindu berlandaskan tradisi dan budaya hindu.

Sementara itu  Kepala desa Bengkala Made Arpana mengatakan hari ini diresmiman sebanyak 13 siswa yang akan belajar sebagai pemangku, yang nantinya diharapkan dapat mengabdikan diri ditengah masyarakat sehingga dapat mengembangkan keilmuan agama yang sesuai dengan adat istiadat hindu di bali.

Pembelajaran dan pemberdayaan umat sedharma berasaskan tri kaya parisudha, tri hita karana dan tri guna penjor dalam upaya untuk menyelaraskan kerangka hindu, sehingga mampu mencerdaskan umat beragama dan mementaskan kehidupan yang lebih baik dan bahagia. (JcHB)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *