Wakil Bupati Mahayastra Sambangi Dua Anak Penderita Kanker

 

KataBali.com – Prihatin keadaan dua anak penderita Kanker Tulang asal Gianyar, Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra bersama Ny. Surya Adnyani Mahayastra sambangi, I Kadek Kartika Yasa (13) dan Ni Luh Putu Diantini (17), di RS Sanglah, (15/7).

Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra berharap kedua anak penderita Kanker Tulang asal Gianyar segera bisa sembuh. Kunjungan ini diharapkan memotivasi penderita dan keluarga agar tabah dan penyakit yang diderita segera bisa ditangani. Pemkab Gianyar juga berencana mengelontor Bansos tak terencana untuk membantu biaya pengobatan serta biaya sehari-hari kedua pasien tersebut.

Bansos tak terencana merupakan upaya menjaga kemungkinan terjadinya resiko sosial yang tidak dapat diperkirakan pada saat penyusunan APBD. Namun jika ditunda penanganannya akan menimbulkan resiko sosial yang lebih besar bagi individu atau keluarga yang bersangkutan.

Lebih lanjut, Made Mahayastra mengatakan Bansos ini diprioritaskan untuk penanganan akibat bencana, pengobatan bagi masyarakat yang tidak mampu, dan santunan uang duka. Walaupun kedua pasien tidak dikenakan biaya apapun di RS Sanglah, dukungan pelbagai pihak tetap penting sehingga beban keluarga bisa diringankan. Pemkab Gianyar berencana memberikan bantuan melalui bansos tak terencana sebesar Rp12 juta – Rp20 juta per orang. Bantuan ini bisa digunakan untuk pengobatan maupun kebutuhan sandang pangan sehari-hari.

“Saya berharap dukungan Pemkab Gianyar bisa dijadikan motivasi dan mempercepat kesembuhan kedua penderita,”imbuh Mahayastra.

Sedangkan ayah dari, Ni Luh Putu Diantini (17), I Made Kariana (43), asal Banjar Getas Kangin, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Gianyar. Ia juga berharap perhatian berbagai pihak agar penyakit anaknya segera bisa ditangani. Luh Putu Diantari di diagnose menderita Kanker Tulang Kering dan masuk RS Sanglah (13/6) lalu.

Dian merupakan siswi kelas XI SMAN 1 Blahbatuh dan diketahui penyakitnya mulai menyerang saat April lalu. Saat itu, pihak RS Sanjiwani Gianyar menyarankan penyakit Dian agar segera dilakukan penanganan.

“Sementara anak saya masih akan menjalani proses kemo terapi, semoga hasilnya segera membaik,”paparnya.

Senada yang diungkapkan, Ni Wayan Sanu (44) Ibu dari I Kadek Kartika Yasa(13), anak penderita Tumor Tulang Lutut asal Br. Lokaserana Desa Siangan Kecamatan Gianyar. Ia mengatakan anaknya masuk RS Sanglah (13/7) lalu dan masih menjalani beberapa proses medis. Siswa kelas VII SMP Santiyoga itu juga masih menunggu hasil Lab tentang apa penyakit serta obat yang mesti dipergunakan.

“Saya masih menunggu hasil Lab dan keadaan anak saya membaik, baru bisa diambil tindakan dari pihak RS,”cetus Ni Wayan Sanu. (JcHG)


 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *