Peternak Terima Bantuan Bibit Sapi Bali

 

 

KataBali.com – Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Gianyar,Rabu lalu (27/7), menerima bantuan bibit sapi dari Pemkab Gianyar. Bantuan diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Gianyar Made Mahayastra bertempat di Kantor Desa Babakan, Gianyar.

Keempat KUBE tersebut adalah KUBE ternak Agung Sari Murti, Timbul, Pupuan, Tegallalang, KUBE Mekar Sari Silungan Ubud, KUBE Subur Mukti Sari, Br. Sanding, Tampaksiring dan Mekar Sari Nadi, Bakbakan, Gianyar.

“Masing-masing KUBE mendapat bantuan 10 ekor bibit sapi Bali dan diharapkan dipelihara dengan baik sehingga mampu meningkatkan perekonomian bagi anggota kelompok kurang mampu,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar I Made Watha.

Dikatakan, penyerahan bantuan kepada KUBE di Kabupaten Gianyar mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan jumlah KUBE yang dibantu sebanyak  8 KUBE, tahun 2012 sebanyak 8 KUBE, tahun 2013 sebanyak 6 KUBE, tahun 2014 sebanyak 4 KUBE, tahun 2015 sebanyak 2 KUBE dan tahun 2016 sebanyak 4 KUBE.

“Jadi total jumlah KUBE yang dibantu dari tahun 2011 sampai 2016 sebanyak 32 KUBE dengan sumber dana dari APBD  Kabupaten Gianyar,” jelas mantan Kepala BPMD Kabupaten Gianyar itu.

Sementara Wabup Made Mahayastra dalam kesempatan itu mengingatkan kepada anggota KUBE untuk memelihara bantuan bibit sapi dan hendaknya jangan sampai mati, apalagi dijual.

“Biasanya kalau mendapat bantuan bibit sapi, seringkali setelah pemeriksaan selanjutnya, sapi tersebut sudah tidak ada, entah dijual atau mati,” ujar pejabat asal Melinggih, Payangan tersebut.

Untuk itu, Mahayastra meminta tim selanjutnya melakukan pengecekan untuk evaluasi dan bagi KUBE yang terbukti berhasil memelihara sapi hasil bantuan dan telah berkembang banyak, maka akan diberikan apresiasi baik lewat bantuan lagi atau bentuk lainnya yang menunjang aktivitas beternak mereka.

Sebelumnya pada hari yang sama, bertempat di Kantor Pos Gianyar, Wabup Mahayastra juga menyerahkan bantuan tahap kedua Program Keluarga  Harapan yang dananya bersumber dari pusat.

Total bantuan dana yang diterima keluarga tidak mampu di Kabupaten Gianyar sebanyak 5 milyar lebih dan diberikan kepada 2.808 keluarga kurang  mampu. Penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap setiap 3 bulan dalam satu tahun dari 25 – 29 Juli 2016 masing-masing kecamatan . (JcHG)


 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *