Kaum Perempuan di Denpasar Olah Sampah Jadi Produk Bernuansa Budaya

KataBali.com – Sampah jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah bagi masyarakat sebagaimana yang kini digencarkan kalangan ibu-ibu di PKK Kota Denpasar.

Kaum ibu, mendukung program Pemerintah Kota Denpasar, dengan mengelola sampah secara smart sehingga menghasilkan barang berguna bagi masyarakat.

Seperti pelatihan pengelolaan sampah plastik dari bahan bungkus makanan yang diikuti kader PKK empat kecamatan se-Kota Denpasar dijadikan produk budaya seperti tamiang.

“Mari kita kelola sampah plastik dengan smart sehingga menjadi barang berkualitas,” ajak Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra yang didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara Jumat 18 Maret 2016.

Selly menjelaskan, beberapa hasil olahan sampah di Kota Denpasar telah menghasilkan produk seperti tas, topi serta barang-barang bernuansa budaya seperti bokor, serta dulang yang dapat digunakan dalam kegiatan keagamaan.

Melalui langkah ini Selly terus mengajak kader PKK mengembangkan kreativitas dengan menggandeng pihak swasta dalam mengolah sampah plastik menjadi produk budaya.

Salah satu produk tamiang yang telah dihasilkan dari bahan pembungkus makanan dapat dipergunakan dalam setiap kegiatan seni dan budaya untuk dekorasi dinding.

PKK Kota Denpasar terus mengembangkan kerjasama dengan pihak swasta seperti sekarang ini dengan melibatkan komunitas peduli lingkungan Kota Denpasar.

Kata dia, keterlibatan pihak swasta telah dilakukan penandatanganan kerjasama MoU yang mendukung terus keberlanjutan kegiatan ini. (faz)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *