Eka Jaya Diminta Lindungi Subak di Tabanan

KataBali.com- Kabupaten Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali diharapkan pemerintahan ke depan tetap memperhatikan masa depan subak dengan menelorkan kebijakan yang bisa menjamin melindungi sumber-sumber air agar bisa tetap lestari dalam menopang sektor pertanian dalam artian luas.

Harapan itu disampaikan saat calon Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya bertatap muka dengan ratusan krama subak di Pura Puseh Luhur Bedha Kecamatan Tabanan, Selasa 29 September 2015

Sanjaya, menghadiri tatap muka dengan Krama subak Gubug yang dirangkaikan dengan prosesi ‘magpag toya.

Turut Hadir Ketua Tim Pemenangan Made Dirga, tokoh masyarakat Desta Kumara, Wayan Widnyana, Kelian subak, Krama subak krama subak lanang istri seperti Subak Muncan, Subak Kureg, Subak Sakeh, Subak Sangihan, Subak Yeh Enu dan Subak Gubug.

Dalam sambutannya, Gusti Putu Puja  sebagai Pemamgku Ulun SUwi, sebelumnya juga menjadi pekaseh menyatakan, kepemimpinan Eka Jaya periode 2010-2015 didukung wakil rakyat di DPRD Tabanan telah memberikan bantuan kepada subak yang dirasakan manfaatnya.

Demikian pula, bantuan untuk peningkatan akses jalan dan jembatan, balai subak sudah mendapat perhatian serius pemerintah selama ini.

Karenanya, Puja mengajak agar seluruh krama yang hadir, bulat mendukung paket Eka Jaya pada pemilukada Tabanan 9 Desember tahun ini.

Tujuan digelarnya prosesi ‘magpag toya’ ini tiada lain untuk memohon agar segera turun hujan. Hal ini Ini dikarenakan musim hujan belum turun dan petani kesulitan air.

Harapannya, agar krama subak ini bisa segera menanam padi. Targetnya, tanggal 19 November krama subaknya sudah bisa menanam padi.

“Kami berharap apabila paket Eka Jaya kembali terpilih agar membantu subak dengan mengeluarkan kebijakan untuk melestarikan sumber-sumber air”, harapnya.

Dalam kesempatan itu, Wayan Widnyana tokoh masyarakat menyatakan selama lima tahun lalu, sudah berjalan baik namun belum cukup untuk mnyelesaikan semua program. untuk itu, kata dia, pembangunan perlu dilanjutkan.

“Mari kita lanjutkan pembangunan bersama Eka Jaya untuk Melanjutkan Tabanan Serasi,” imbuhnya.

Kepada ratusan warga, I Made Dirga, mengajak krama untuk memilih Eka Jaya.

Untuk di banjar banjar juga sudah kami ajak semua. Nah untuk yangg hadir, Dirga meminta kesediaan masyarakat untuk memenangkan Eka Jaya yang langsung dijawab Siap dengan kompak oleh masyarakat. (adi)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *