Tahun 2024, OJK Bali Tetapkan Sasaran Prioritas Literasi dan Inklusi Keuangan ke Masyarakat Daerah 3T

KataBali.com-Denpasar –Peran strategis OJK untuk mendorong PUJK menyalurkan kredit dan pembiayaan dari PUJK ke sektor-sektor produktif utama di daerah. Dari sisi literasi, OJK berkomitmen meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk dan layanan jasa keuangan. Dengan memahami produk dan layanan jasa keuangan yang diakses, maka masyarakat pun berpotensi untuk memaksimalkan manfaat dari produk dan layanan dimaksud

Untuk itu OJK Bali menetapkan sasaran prioritas Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2024.Sasaran prioritas literasi antara lain masyarakat di daerah 3T, petani/nelayan, pelajar/santri, dan penyandang disabilitas. Sedangkan, sasaran prioritas inklusi keuangan antara lain pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), perempuan, masyarakat wilayah pedesaan, pelajar dan penyandang disabilitas.

Kepala OJK Provinsi Bali Kristrianti Puji Rahayu,mengungkapkan hal itu Selasa ( 20/2 ) saat membuka Rapat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali High Level Meeting dengan pimpinan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK),untuk membahas penetapan target program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) disesuaikan dengan rencana program kerja dan target PUJK.

Dari sasaran prioritas tersebut disesuaikan dengan program unggulan daerah, OJK bersama pemerintah daerah Provinsi Bali juga telah menetapkan program kerja tahun 2024 yaitu Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas (K/PSP) Pertanian dan Peternakan sesuai dengan komoditas unggulan masing-masing daerah.

Melalui K/PSP diharapkan, menjadi program value chain financing untuk sektor pertanian berbasis ekosistem serta mengurangi disparitas penyaluran kredit dan pembiayaan pada sektor tertentu untukmeningkatkan penyaluran kredit/pembiayaan pada sektor pertanian mendukung komoditas unggulan daerah.

“ Selain itu juga terdapat program Satu Rekening Satu Pelajar dan Satu Sekolah Satu Agen Laku Pandai (KejarKu Pandai), serta Akademi UMKM Bali Nadi Jayanti yang dikhususkan untuk pengembangan start up UMKM milik Perempuan dan Penyandang Disabilitas,’ jelas Puji.

TPAKD kata Puji, dapat menambahkan program unggulan dari masing-masing daerah seperti Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) dari TPAKD Provinsi Bali melalui BPD Bali, KURDA Gianyar Aman Sejahtera TPAKD Kabupaten Gianyar yang menyasar keluarga pra sejahtera di Kabupaten Gianyar dan program pembiayaan calon Pekerja Migran Indonesia oleh TPAKD Kabupaten Bangli.

Puji menyebut, ada Program Sidi Kumbara (Subsidi Kredit Usaha Mikro Badung Sejahtera) untuk mendukung permodalan UMKM perintis dari TPAKD Kabupaten Badung, program SiDarling (Sistem Sadar dan Peduli Lingkungan) mengkonversi penjualan sampah menjadi tabungan dari TPAKD Kota Denpasar, dan program Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI) di Desa Bengkala. Pada tahun 2024 direncanakan akan dilaksanakan juga program GM EKI di wilayah Nusa Penida.

Sinergi program yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Provinsi Bali. Peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat akan mendorong perekonomian masyarakat. Rencana program kerja dan target dimaksud antara lain penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembiayaan Ultra Mikro (UMi), pembukaan rekening Simpanan Pelajar, kegiatan Bank Goes to School hingga pelaksanaan pelatihan UMKM.

High Level Meeting ia nilai sejalan Pilar pertama perlindungan konsumen adalah edukasi yang memadai sehingga kegiatan sosialisasi harus masif dilakukan. Selain itu, OJK juga mendorong akses keuangan yang merata di seluruh wilayah Provinsi Bali, “ Akses keuangan merata di masyarakat disinergikan penyaluran kredit dan pembiayaan pada sektorr prioritas diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Kristrianti Puji Rahayu.

Dengan mensinergikan program akan dilaksanakan, kata Puji, maka akan membantu PUJK memperkenalkan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan dan profil risiko masyarakat.Sehingga masyarakat terfasilitasi kebutuhannya akan akses keuangan ‘no one left behind’.Ia menapresiasi seluruh PUJK Provinsi Bali mendukung pencapaian program kerja TPAKD. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *