Jelang Hari Raya, TPID dan Bank Indonesia Bali Gelar Pasar Murah Experience QRIS Canang Jegeg Rp1

KataBali.com-Denpasar – Dalam Rangka menjaga stabilitas harga menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersinergi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali menggelar Pasar Murah dan Experience QRIS Canang Jegeg Rp1,- di depan Kantor Gubernur Bali, Minggu, 25 Februari 2024.

Acara diawali Pencanangan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen “GENTA PATEN” lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Kegiatan dihadiri Pj. Gubernur Bali, Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Deputi Kepala Perwakilan dan Advisor Kantor Perwakilan Bank Indoensia Provinsi Bali, Direktur Utama BPD Bali, Bulog Divisi Regional Bali, serta Pimpinan Perangkat Daerah yang tergabung dalam TPID Provinsi Bali.

Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, menjelaskan, TPID baik di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten se-Bali konsisten melakukan pengendalian inflasi khususnya menjelang Hari Raya, termasuk Galungan dan Kuningan. Untuk itu, kegiatan pasar murah ini tidak hanya dilakukan di tingkat provinsi,juga di seluruh Kota/Kabupaten di Bali.

Mahendra mengungkapkan, stok pasokan pangan di Bali saat ini masih sangat mencukupi dengan harga secara umum cukup terkendali. Pasar murah yang diselenggarakan pada kegiatan car free day diikuti 30 pedagang komoditas pokok seperti beras, gula, minyak goreng, daging, olahan daging, telur, sayur mayur, bawang, cabai, buah-buahan, canang sari, dan gas elpiji.

“ Melalui pasar murah yang dilaksanakan serentak di seluruh Bali diharapkan dapat menjaga stabilitas harga dan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga yang terjangkau,” terang Mahendra..

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, G.A Diah Utari menjelaskan,pasar murah kali ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendukung penyediaan komoditas canang sari diselaraskan sosialisasi dan implementasi alat pembayaran digital, yaitu QRIS. Bank Indonesia Provinsi Bali menyiapkan experience QRIS Rp1,- untuk 1.000 paket canang sari dapat diperoleh masyarakat dengan melakukan pembayaran menggunakan QRIS,“ Ini merupakan wujud akulturasi dari digitalisasi dengan budaya di Bali, “imbuh Diah Utari.

Advisor Bank Indonesia Provinsi Bali, Butet Linda H. Panjaitan, menambahkan pasar murah ini wadah experience QRIS bagi masyarakat Bali dalam merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan, “ Melalui pasar murah ini, masyarakat diajak untuk melakukan experience QRIS Rp1,- sehingga dapat merasakan manfaat QRIS sebagai alat pembayaran digital cepat, mudah, murah, aman dan handal.

Akseptasi kanal pembayaran QRIS di Provinsi Bali tumbuh signifikan, terlihat dari bertambahnya jumlah merchant QRIS di Bali pada Januari 2024 mencapai 793.134 merchant atau tumbuh 30,0% (yoy) dibandingkan Januari 2023. Jumlah pengguna QRIS di Bali Januari 2024, menembus 1 juta pengguna atau tumbuh 58,5% (yoy) dari Januari 2023. Jumlah transaksi

QRIS pada Januari 2024 di Provinsi Bali juga meningkat signifikan hingga mencapai 21,7 juta transaksi atau tumbuh 636,9% yoy. Dari sisi nominal, volume transaksi QRIS pada Januari 2024 di Bali mencapai Rp2 trilliun atau tumbuh 390,5% (yoy). nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *