IOH Group Kukuhkan MoU Dengan NVIDIA Bentuk LanskapTeknologi Revolusi AI Skala Global

KataBali.com -Barcelona- Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA membentuk lanskap teknologi mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi Artificial Intelligence (AI) skala global, memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.

Kolaborasi ini dikukuhkan melalui Nota
Kesepahaman (MoU) tentang pembentukan lanskap teknologi Indonesia. MoU ini ditandatangani oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona. Indosat dan NVIDIA akan mendorong Indonesia menjadi terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi.

Dengan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, Indosat, melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA untuk pelaku bisnis di Tanah Air dan memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dari NVIDIA dengan pusat data high-density terkoneksi internet publik berkecepatan hingga 400 Gbps. Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta didukung NVIDIA mengembangkan pusat data generasi baru berkelanjutan, hyper-connected dilengkapi kecerdasan buatan.
GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta menyediakan akses ke AI/Machine Learning paling mumpuni didesain khusus pekerjaan komputasi berat, penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.Kapabilitas memastikan layanan supercomputing cloud handal, memanfaatkan AI menciptakan inovasi bagi penggunanya.

Saat ini, superkomputer AI adalah infrastruktur penting, kolaborasi menjadi fondasi kuat bagi perjalanan Indonesia menjadi bangsa yang cakap akan AI. Indosat Ooredoo Hutchison group akan memanfaatkan pusat datanya untuk mewujudkan platform AI
berdaulat mendorong inovasi lintas ekosistem.

Beragam institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup dapat mengakses platform AI Cloud canggih, termasuk infrastruktur, piranti, dan perangkatlunak,sebuah katalis inovasi meningkatkan produktivitas, optimalisasi proses yang menekankan efisiensi operasional lintas industri.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan,

Kolaborasi momentum penting bagi Indonesia menuju era digital global didukung kemampuan AI nantinya akan diimplementasikan pada pusat data diidioperasikan BDx Indonesia, sebuah perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers. Sebagai technology powerhouse, Indosat Ooredoo Hutchison bercita-cita menjadi salah satu penggerak utama dari demokratisasi digitalisasi di Tanah Air.

Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta, mengatakan,pihaknys antusias menyambut kerja sama dengan NVIDIA menandai komitmen kami mereka mendorong Indonesia menjadi terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global memberdayakan Indonesia lewat teknologi AI dan layanan cloud termutakhir, mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, dan inovasi teknologi.

” Menggabungkan keahlian Lintasarta dan kekuatan NVIDIA, kami siap merevolusi lanskap digital Indonesia, memimpin inovasi, menciptakan masa depan digital berkelanjutan melalui implementasi teknologi tinggi di sektor pusat data,” terang Bayu

Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, mengatakan, “Indosat Ooredoo Hutchison group melalui Lintasarta sedang memperluas peranannya di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur AI yang penting dan berdaulat.

” Sebagai bagian dari kolaborasi, Indosat Ooredoo Hutchison group melalui Lintasarta akan menjadi mitra cloud NVIDIA, menawarkan layanan AI Cloud yang berskala dan berkinerja tinggi mengikuti arsitektur sesuai referensi NVIDIA untuk membantu mendorong Indonesia ke garis depan komunitas AI Cloud global,” jelas Ronnie. – nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *