Wakapolres Badung Jadi Narasumber Talkshow Program Halo Kamtibmas Bali TV

KataBali.com – Mangupura – Wakapolres Badung Kompol Decky Hendra Wijaya, SE. SIK. MM dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Udayana Prof Dr. I Ketut Rai Setiabudhi, SH. MS. menjadi narasumber dalam dialog interaktif Halo Kamtibmas dengan mengusung tema “Situasi kamtibmas menjelang pemilu tahun 2024 di daerah hukum Polres Badung”, yang dilangsungkan secara live oleh stasiun Bali TV, Jl. Kebo Iwa No. 63 A Kelurahan Padangsambian Kaja Kecamatan Denpasar Barat Kodya Denpasar, Rabu 22 Nopember 2023 sore mulai pukul 16,00 Wita.

Wakapolres menjelaskan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Badung khususnya Curas, Curat dan Curanmor cenderung mengalami penurunan hal ini disebabkan berkat adanya terobosan kreatif bapak Kapolda Bali yaitu program Blue Light Patrol (Patroli Cahaya Biru), sementara untuk kasus kecelakaan di wilayah hukum Polres Badung mengalami peningkatan hal tersebut disebabkan adanya peningkatan volume kendaraan serta kurangnya kesadaran para pengendara dalam mentaati aturan lalu lintas.
“Saat ini kami memiliki terobosan kreatif yang digagas oleh Bapak Kapolres Badung yakni Si Penggawa (Sistem Pengendalian dan Pengawasan).”Ungkap Kompol Decky.

Lebih lanjut Kompol Decky menjelaskan adanya terobosan kreatif Kapolres Badung tersebut nantinya akan ada kamera pengawas yang akan memantau situasi kamtibmas baik itu masalah lalu lintas maupun tempat-tempat rawan yang akan terkoneksi ke ruang pengendali yang ada di ruang Command Center Polres Badung.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Udaya Prof Dr. I Ketut Rai Setiabudhi, SH. MS. mengapresiasi kinerja Polres Badung terkait penurunan angka kriminalitas dari tahun sebelumnya, dengan berbagai strategi dalam penugasan baik itu penebalan personel dalam mengatur lalu lintas maupun dalam menciptakan terobosan kreatif Si Penggawa. “Kehadiran Polri sangat dibutuhkan di lapangan terutama dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mengenal waktu dan kondisi” ungkap Profesor Setiabudi.

Terkait Netralitas Polri dalam Pemilu 2024 menurut Kompol Decky, Polres Badung beserta jajarannya telah melaksanakan deklarasi netralitas yang diikuti oleh seluruh personel dan ASN. “Kita berkomitmen dalam Pemilu 2024 kita netral, kita hanya fokus dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi, agar Pemilu berlangsung aman dan damai.”

Menurut Perwira asli Solo tersebut dijelaskan dalam pemungutan suara nanti untuk wilayah hukum Polres Badung yang terdiri dari 4 Kecamatan (Kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi dan Kuta Utara) terdapat 1.024 TPS yangmana sebanyak 977 personel diterjunkan untuk mengamankan TPS tersebut. Sejauh ini Polres Badung dalam menghadapi Pemilu 2024 telah melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya melakukan sispamkota, melaksanakan patroli gabungan 3 pilar yakni TNI, POLRI dan Satpol PP, seta melakukan cooling sistem denan melibatkan berbagai tokoh masyarakat dan tokoh agama “Kami Polres Badung siap mengamankan jalannya pesta demokrasi Pemilu 2024.” Imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Kompol Decky juga mengimbau untuk tidak mempercayai berita-berita hoax yang dapat menimbulkan kegaduhan dimasyarakat Kabupaten Badung, serta mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Badung untuk ikut bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif baik menjelang, pada saat serta pasca Pemilu 2024.
“Mari bersama-sama kita ciptakan kondisi yang kondusif, jangan karena beda pilihan sampai mengganggu kamtibmas yang sudah berjalan dengan sangat kondusif.” Pungkasnya yang diakhiri dengan poto bersama. (23/11). pb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *