Ngaturang Bhakti di Pura Luhur Batu Lumbung dan Luhur Besikalung, Bupati Sanjaya Nunas Kerahayuan Jagat

KataBali.com – Tabanan – Perwujudan sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dan juga masyarakat, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Batu Lumbung, Desa Adat Soka, Senganan dan di Pura Luhur Besikalung, Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kamis, (25/5). Persembahyangan ini dilakukan serangkaian dengan Pujawali di Pura setempat.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Pura Luhur Batu Lumbung dan Pura Luhur Besikalung merupakan Pura Sad Khayangan Jagat sekaligus juga merupakan bagian dari jajar kemiri Pura Luhur Batukau. Selain itu, Pura lainnya yang merupakan jajar kemiri dari Pura Luhur Batukau adalah Pura Luhur Muncak Sari dan Pura Luhur Tamba Waras serta Pura Luhur Petali.

Bupati Sanjaya yang saat itu didampingi oleh anggota DPRD Bali Made Supartha, Asisten III dan Kepala OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Penebel, tiba di Puru Luhur Batu Lumbung pada pukul 13.00 wita. Kehadiran Bupati beserta jajaran disambut oleh Perbekel, Bendesa Adat, Panitia Karya dan masyarakat setempat di jaba Pura, setelah mesandekan, kemudian menuju ke Luhur untuk melaksanakan persembahyangan.

Begitu juga dengan di Pura Luhur Besikalung, tiba sekitar pukul 14.30 wita dan masih didampingi orang yang sama, Bupati Sanjaya beserta jajaran disambut oleh Perbekel, Bendesa Adat, Panitia Karya dan juga masyarakat setempat di jaba Pura. Setelah mesandekan beberapa saat, Bupati beserta jajara menuju ke Luhur untuk melaksanakan persembahyangan bersama.

Dalam dua kesempatan persembahyangan bersama tersebut, Bupati Sanjaya nampak melaksanakan persembahyangan dengan khidmat sebagai wujud syukur kehadapan Ida Sesuhunan/Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang berstana di Pura tersebut. Pun sebagai wujud bhakti kehadapan masyarakat, Sanjaya menghaturkan punia yang diterima oleh masing-masing Ketua Panitia Karya.

Sanjaya juga sangat menyambut baik semangat warga dalam pelaksanaan pujawali kali ini. Apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan Sanjaya kepada seluruh pihak terkait dalam kegiatan ini, baik itu Panitia Karya, warga pengempon dan pihak terkait lainnya yang menunjukkan semangat kebersamaan yang kuat serta sangat memegang teguh pelestarian tradisi seni, adat, agama dan budaya setempat.

Sementara warga di kedua wilayah Pura Luhur tersebut menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati beserta jajaran. Seperti halnya yang dikatakan oleh I Wayan Esiawan selaku Bendesa Adat Soka, menghaturkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati beserta jajaran yang selalu memberikan dukungan serta bantuan. Untuk kedepannya, pihaknya berharap hal itu selalu ditunjukkan, begitupun pihaknya juga akan selalu mendukung program-program pemerintah khususnya untuk wilayah setempat. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *