Jaga Kinerja Positif, Erajaya Catat Pertumbuhan Penjualan 13,8%

KataBali.com – Jakarta – PT Erajaya Swasembada,Tbk. (ticker code: ERAA. IJ),  perusahaan distributor dan retail handset terbesar di Indonesia,  periode setahun penuh 2022, Perusahaan berhasil mempertahankan pertumbuhan positif yang tercermin dari peningkatan penjualan bersih perseroan sebesar 13.8% dan laba yang distribusikan kepada perusahaan induk sebesar Rp 1 triliun. 

     “ Kinerja keuangan ERA A periode setahun penuh 2022  tercatat dengan Pertumbuhan penjualan  meningkat sebesar 13,8% YoY dari Rp 43,5 triliun di tahun 2021 menjadi Rp 49,5 triliun  tahun 2022.Margin kotor perusahaan sebesar 10,8%  tahun 2022.Laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1 triliun,”‘ terang  Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Group.

    Pencapaian ini, kata  Hasan Aula, terjadi karena insiatif Erajaya melanjutkan ekspansi bisnis  memperluas jaringan omnichannel  dimiliki dengan menambah 568 gerai sepanjang tahun 2022, “ tahun 2022 kami berhasil mencapai beberapa milestones penting, di mana Erajaya  melakukan pengembangan lini bisnis di luar bisnis utama di bidang handset,” jelas Hasan.

     Ia menjelaskan, dengan  membangun vertikal bisnis Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Food & Nourishment dan Erajaya Beauty & Wellness. Dengan strategi ini, Erajaya Group berupaya  semakin meningkatkan value dari Perseroan dan memberikan ragam produk dan layanan  lebih luas kepada pelanggan kami.

    Hasan mengungkapkan, Sampai 31 Desember 2022, Erajaya memilki 1.682 gerai didukung 89 titik distribusi, berkerjasama dengan lebih dari 66.000 reseller di Indonesia, Malaysia dan Singapura,“ Ekspansi footprint ini,didukung  program kemitraan Erafone Cloud Retail Partner, yang memberi kesempatan pada mitra lokal untuk membuka gerai Erafone di lokasi yang belum terjamah sebelumnya. Hingga akhir Desember 2022, telah dibuka 54 gerai Erafone Cloud Retail Partner di berbagai lokasi di Indonesia,” jelas Hasan.

Hasan menyebut, Konsep omnichannel, telah dibangun terus diperkuat  dengan peningkatan kapabilitas dan offering melalui laman e-commmerce eraspace.com, maupun kerjasama berbagai platform marketplace, dilengkapi  program CRM, myeraspace, memungkinkan  untuk mengenali pelanggan untuk  memberikan penawaran, promosi dan pengalaman berbelanja  berkesan bagi pelanggan. Myeraspace memiliki lebih dari 6,5 juta member hingga akhir Desember 2022, atau pertumbuhan 48% dibanding tahun sebelumnya, 

       Tahun 2023 Target 600 Toko

Erajaya Group saat ini memiliki 4 lini bisnis utama, yang diharapkan membawa perseroan menjadi pemain ritel lifestyle terdepan dengan jaringan omnichannel terluas.diantara  4 vertikal bisnis dan beberapa milestones  yakni, Erajaya Digital bergerak bisnis ritel dan distribusi produk smartphone, computer dan consumer electronics tahun 2022, Erajaya Digital  Joint Venture Partnership dengan Mobile World Group dari Vietnam, membuka toko ritel consumer electronics  nama Erablue, telah  telah dibuka 5 gerai Erablue di Jabodetabek.

Berikutnya Erajaya Active Lifestyle, focus utama dari vertikal ini pada  ritel dan distribusi produk penunjang active lifestyle, produk IoT, aksesoris dan ekosistemnya, Joint Venture Partnership dengan JD Sport Fashion Plc dari Inggris Raya, dengan membuka toko ritel JD Sports yang menjual produk sports fashion. JD Sports Indonesia  akhir 2022  memiliki 7 gerai di area Jakarta dan sekitarnya.Vertikal ini dipercaya  membuka toko perangkat olah raga kenamaan ASICS,  telah membuka 4 toko.          

      Kemudian,Erajaya Food & Nourishment,fokus  sektor food & beverages dan bisnis ritel grocery.Sebuah Joint Venture Partnership dengan GrandLucky Group untuk membuka jaringan toko grocery, sampai  akhir Desember 2022 telah memiliki 5 toko.Juga dibentuk  SPC Group dari Singapure, jaringan café-bakery Paris Baguette di Indonesia,  saat ini  memiliki 8 gerai di Jabodetabek. Erajaya Food & Nourishment  melakukan investasi berupa  kepemilikan saham ke dalam Sushi Tei Group.          

    Terakhir, Erajaya Beauty & Wellness vertikal bisnis fokus pada sektor health, wellness dan beauty, telah membuka jaringan Apotek Wellings di Indonesia,  berkolaborasi dengan CARiNG Pharmacy Retail Management Sdn Bhd dari Malaysia.Saat ini  telah hadir 14 apotek Wellings.Selain itu merek The Face Shop ternama dari Korea Selatan hingga akhir tahun 2022 telah hadir di 33 titik di berbagai kota di Indonesia.

    “ Di tahun 2023, kami akan melanjutkan ekspansi footprint  menambah sekitar 600 toko khusus  bisnis handset.Diharapkan dapat memperkuat fundamental bisnis perseroan dan  membawa Erajaya Group lebih dekat ke visi kami.” Tutup Hasan Aula.  nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *