Peringatan HKN Tabanan ke-58, Diharapkan Mampu Wujudkan Sistem Kesehatan yang Kuat

KataBali.com – Tabanan – Menciptakan kondisi derajat masyarakat yang sehat,  tidak bisa berpatokan pada satu elemen. Untuk itu, Bupati Tabanan yang diwakili Sekda I Gede Susila, megatakan sangat diperlukan peran serta dan kolaborasi dari seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat itu sendiri. Hal itu disampaikan saat menghadiri puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Kabupaten Tabanan Tahun 2022, Sabtu, (12/11).

Kegiatan HKN dengan tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku” yang diselenggarakan di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, para Asisten dan OPD serta para Camat se-Kabupaten Tabanan, para Kepala Rumah Sakit Pemerintah ataupun Swasta, serta para Kepala Puskesmas beserta staf, juga para tenaga kesehatan se-Kabupaten Tabanan.

“Dengan mengambil tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku, tentu kita cermati tema ini mengandung makna yang luar biasa, bagaiman kita terus berupaya untuk menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang terbaik. Hal ini mengingatkan, bahwa derajat kesehatan masyarakat bisa terwujud, apabila seluruh komponen turut berperan serta mewujudkan itu,” ucap Susila.

Susila menambahkan, hal itu juga secara jelas sudah dituangkan dalam visi Pemerintah Kabupaten Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Rasanya tidak mungkin, derajat kesehatan masyarakat akan meningkat kalau hanya berpatokan pada satu elemen. Seluruh komponen harus saling bahu-membahu, gotong royong, maka dengan demikian Tabanan Era Baru di bidang kesehatan akan terwujud.

“Jadikan momentum hari ini menjadi salah satu upaya mewujudkan visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Disamping itu pula, mari kita tingkatkan dan berdayakan kemampuan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Untuk itu, semua fasilitas, baik Rumah Sakit Swasta, Pemerintah, Puskesmas dan tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya, mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar dan terakreditasi Nasional,” harap Susila.

Sebelumnya, Doddy Setiawan selaku Ketua Panitia HKN ke-58 Tabanan, mengatakan, bahwa Hari Kesehatan Nasional merupakan merupakan salah satu hari peringatan yang patut dilaksanakan secara rutin setiap Tahun di Kabaupten Tabanan. Dan melalui HKN ke-58 ini, pihaknya berharap mampu menjadikan  momentum ini untuk menjadikan sistem kesehatan yang lebih kuat kedepaannya, bahkan dalam mengatasi situasi sulit setelah pandemi.

Adapun rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan perayaan puncak HKN, dikatakannya telah dilaksanakan dari 29 Oktober 2022 lalu. Dimana, dihiasi dengan kegiatan sederhana dan kebersamaan dari para tenaga kesehatan, seperti menggelar beberapa kegiatan lomba, bhakti sosial, seminar, juga persembahyangan bersama. Diantaranya, kegiatan senam, lomba merias dengan mata tertutup, lomba lari balon estafet, lomba memasukan paku ke botol dan lainnya. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *