Perayaan HUT Ke-58 HKN di Kabupaten Tabanan, Sederhana Penuh Makna

KataBali.com – Tabanan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabanan merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 dengan berbagai kegiatan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan. Kegiatan, diikuti ratusan peserta, mulai dari jajaran Dinas Kesehatan, perwakilan Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Tabanan, serta para jajaran Puskesmas se-Kabupaten Tabanan, Sabtu, (29/10).

Meskipun dilaksanakan secara sederhana, namun nampak cukup meriah dan penuh makna. Dilangsungkan mulai pukul 07.00 Wita, diawali dengan kegiatan senam dan kegiatan lomba seperti Lomba Merias dengan Mata Tertutup, Lomba Lari Balon Estafet, serta Lomba Memasukkan Paku ke dalam botol, perayaan HKN dibuka oleh Kadiskes dr. I Nyoman Susila.

Susila mengatakan, Peringatan Hari Kesehatan Nasional adalah merupakan salah satu peringatan hari besar nasional yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Pada tahun ini, peringatan HKN mengambil tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’, yang mengandung makna

“Kalau kita cermati makna dari tema hari kesehatan nasional tersebut adalah bagaimana kita terus berupaya menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan,” ucap Susila dalam sambutannya saat itu.

Dikatakannya juga bahwa, hal ininmengingatkan akan derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen turut berperan serta dalam upaya kesehatan. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi para tenaga kesehatan dalam penanganan covid 19 di Kabupaten  Tabanan, sehingga mampu melalui saat – saat  yang sangat berat dengan baik.

Susila juga menyampaikan, bahwa di Kabupaten Tabanan dikatakannya sudah mampu mewujudkan  UHC ( Universal Health Coverage ) untuk masyarakat dan ini tidak terlepas dari dukungan seluruh insan kesehatan di Kabupaten Tabanan dan masyarakat, sehingga beban masyarakat terkait kesehatan dapat dikurangi dan derajat kesehatan dapat  ditingkatkan.

Pihaknya juga sangat berharap, kepada seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten Tabanan agar mempergunakan momentum Hari Kesehatan Nasional ini sebagai salah  satu upaya konsolidasi menuju Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani.

“Mari kita tingkatkan dan berdayakan kemampuan masyarakat  dalam  mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Untuk itu, saya berharap semua fasilitas kesehatan baik rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, puskesmas maupun fasilitas kesehatan tingkat pertama lainya, mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar dan terakreditasi secara nasional,” harap pihaknya. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *