Menko Marves dan Gubernur Bali Bersama Ribuan Masyarakat Serentak Doakan KTT G20 Sukses

KataBali.com – Badung – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (MenkoMarves) RI Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur Bali Wayan Koster melantunkan doa bersama kesuksesan KTT G20 yang dipimpin oleh Ida Shri Bhagawan Putra Natha Wangsa Pamayun dan diiringi oleh 1.200 Pamangku Pura Kahyangan Desa dan Pura Kahyangan Jagat se-Bali pada, Rabu  26 /10/2022) dalam acara Puja Genta Pinara Pitu di Peninsula, ITDC, Nusa Dua,Badung.

Doa bersama yang berlangsung pada hari dan jam yang sama secara serentak, juga diikuti oleh Forkopimda Provinsi Bali, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Pimpinan Majelis Ulama Indonesia  Kristen, Khatolik, Budha, dan Konghucu, hingga 150 ribu orang yang berasal dari Pemangku dan Umat Hindu di Pura Jagatnatha Kota/Kabupaten,serta Pura Puseh/Pura Desa yang ada di 1.493 Desa Adat seluruh Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubernur Bali, Wayan Koster, Pamangku, Tokoh Agama yang telah mendoakan kesuksesan Presidensi KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15 – 16 November 2022.

“Saya mengucapkan terimakasih atas nama pemerintah, Saya sangat terkesan oleh informasi dari Bapak Gubernur bahwa yang hadir di Peninsula sebanyak 1.200 Pemangku untuk mendoakan secara tulus kesukseskan KTT G20. Suksesnya KTT G20 di Bali adalah suksesnya Indonesia,”ujar Menko Marves.

Doa yang sama juga pernah dilakukan untuk memohon kesukseskan kegiatan International Monetary Fund (IMF) Tahun 2018 di Renon, Denpasar.

Sehingga kalau hari ini seluruh Bali berdoa, kita terus berdoa, maka aura Bali akan tetap membawa persahabatan, keselamatan, dan kejayaaan agar menggema ke seluruh dunia.

“Selama hari-hari ke depan agar terus kita berdoa, supaya seluruh kegiatan KTT G20 berjalan dengan aman, lancar, dan Indonesia jadi jaya. Karena KTT G20 memberikan manfaat kebaikan bagi masyarakat Bali, Indonesia, dan Dunia,” ujar Menko Marves.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan bahwa sepatutnya kita sangat bersyukur, untuk pertama kali, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Presidensi Negara-negara yang tergabung dalam G20, yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Ini menunjukkan kepercayaan dan penghormatan para Pemimpin dunia terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia JokoWidodo.

Rangkaian Pertemuan Presidensi G20 sebagian besar dilaksanakan di Bali, bahkan Pertemuan puncak para Kepala Negara G20 dilaksanakan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022.

Dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan Pertemuan Presidensi G20, sungguh merupakan kehormatan bagi Bali.

Oleh karena itu, mewakili Pemerintah Daerah dan masyarakat Bali, saya menghaturkan terima kasih yang setulus-tulusnya dan rasa angayubagya kepada Yang Mulia Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota/Kabupaten se-Bali bersama masyarakat Bali, memiliki kewajiban dan ikut bertanggung jawab dalam penyelenggaraan Pertemuan Presidensi G20 secara niskala dan sakala.

Secara niskala, Pemerintah Provinsi Bali menyelenggarakan Acara Puja Genta Pinara Pitu dan doa bersama hari ini, secara langsung ditempat ini dan secara daring.

Peserta yang hadir secara langsung ditempat acara sebanyak 1.200 orang Pamangku Pura Kahyangan Desa dan Pura Kahyangan Jagat se-Bali, serta dihadiri oleh Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Kristen, Khatolik, Budha, dan Konghucu.

Doa bersama ini juga dilaksanakan secara serentak, pada hari dan jam yang sama, oleh Pamangku dan Umat Hindu di Pura Jagatnatha Kota/Kabupaten, serta Pura Puseh/Pura Desa yang ada di 1.493 Desa Adat seluruh Bali, yang dihadiri oleh paling sedikit 100 orang di masing – masing Desa Adat. Diperkirakan yang ikut berdoa secara serentak di Desa Adat seluruh Bali, total mencapai 150 ribu orang. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *