15 Mal Go Digital, Bali Paling Masif Mengimplementasikan S.I.A.P QRIS

KataBali.Com – Denpasar – Bank Indonesia terus menggaungkan  program S.I.A.P QRIS (Sehat, Inovatif, Aman, Pakai Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai kelanjutan upaya  mengakselerasi pembayaran digital nasional, khususnya di wilayah Provinsi Bali. Kali ini, berkolaborasi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), meresmikan S.I.A.P QRIS di 15 (lima belas) pusat perbelanjaan di Provinsi Bali  sekaligus.

Kegiatan yang diselenggarakan di Beachwalk Shopping Center Sabtu (22/10) lalu, dihadiri  Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Gubernur Bali, Komisi XI DPR Republik Indonesia, ketua dan seluruh anggota APPBI Provinsi Bali, Vice President PT Bank Mandiri Wilayah XI Balinusra, serta perwakilan tenant dan sejumlah stakeholder terkait. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menngungkapkan, Provinsi Bali salah satu daerah paling masif  mengimplementasikan program S.I.A.P QRIS ini. Tidak heran, Provinsi Bali menduduki peringkat masing-masing ke-8 (delapan) dan ke-10 (sepuluh) sebagai Provinsi dengan jumlah merchant dan jumlah user (pengguna) QRIS terbanyak secara nasional, yakni  lebih dari 532 ribu merchant dan 474 ribu pengguna.

“ Transaksi bulanan QRIS di Bali pun tumbuh pesat hingga mencapai 1,5 juta transaksi dengan total nominal Rp 172,miliar, yang menggembirakan seluruh mall di Bali siap menyukseskan KTT G20 2022 dan siap menerima kunjungan wisatawan nusantara untuk berbelanja menggunakan QRIS. Dengan demikian, 16 mal di Bali telah S.I.A.P QRIS di mana Mal Bali Galeria  diresmikan  Bank Indonesia  tahun lalu, “ terang Trisno Nugroho.. 

Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi langkah Bank Indonesia  terus mendorong penggunaan QRIS di Bali. Koster mengatakana, kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan yang sedang dijalankan  Pemerintah Provinsi Bali, yakni transformasi digital Kerthi Bali. Senada dengan Koster, Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya juga menyoroti usaha dan kerja keras Bank Indonesia yang terus menggalakkan digitalisasi pembayaran demi mempercepat roda perekonomian, baik di Bali, maupun nasional.

Selain meresmikan program S.I.A.P QRIS, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti Destry menyebutkan,  program S.I.A.P QRIS  terwujud dan menjadi bukti nyata sinergi yang kuat antara Bank Indonesia, pemerintah dan industri. Destry berharap dengan  meningkatnya mobilitas  juga adanya event besar seperti G-20 Nopember ini. implementasi QRIS di Bali juga terus meningkat, bukan hanya di tingkat retail, namun di kalangan menengah atas dan wisatawan  berkunjung ke Bali.

Destry didampingi Gubernur Bali jmelakukan peninjauan ke pameran produk unggulan pariwisata Bali, mulai dari Arak Bali, kain tenun endek dan produk turunannya serta perhiasan perak. Selain bertransformasi ke arah digital dengan menyediakan opsi pembayaran menggunakan QRIS di seluruh tenant, 15 pusat perbelanjaan/mal di Bali juga berkomitmen untuk mempromosikan produk UMKM unggulan asli Bali, khususnya kepada wisatawan yang berkunjung ke Bali.nn 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *