Pemkab Tabanan Dukung Program BPS Wujudkan Basis Data Sosial Berkualitas

KataBali.com – Tabanan – Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan dukungan terhadap program Badan Pusat Statistik (BPS) terkait program perlindungan sosial dengan membangun sistem data sosial kependudukan terpadu dan terintegrasi melalui pembangunan dan registrasi sosial ekonomi atau Regsosek serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dimana dukungan tersebut ditunjukkan Bupati Tabanan yang diwakili Asiseten II Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Kotio, ketika menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Kabupaten (Rakorkab) Regsosek Badan Pusat Statistik, yang berlangsung di Kurnia Sea food Bali Restaurant Tanah Lot, Kediri, Selasa, (20/9) pagi.

Rakorkab yang bertujuan melakukan pendataan awal untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraaan yang akurat ini, juga dihadiri Kepala BPS Tabanan, jajaran Forkopimda Tabanan, para Camat se-Kabupaten Tabanan dan Forum Perbekel Kabupaten Tabanan.

Dalam kesempatan itu, I Wayan Kotio mengatakan, Pemerintah saat ini berupaya mengurangi dampak kenaikan harga BBM, baik melalui pengendalian harga maupun pengurangan beban masyarakat yang juga harus diakui bahwa program-program seperti ini akan bisa efektif jika didasarkan pada data yang akurat.

“Oleh karena itu, kita yang hadir pada acara ini dan ini merupakan momen yang sangat penting dan sangat strategis, karena pendataan tinggi pada nantinya akan sangat berkualitas dan bisa dipergunakan sebagai panduan dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Tabanan, apabila kita semua yang hadir ini ikut mensukseskannya,” ujar Kotio.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar jangan sampai memberikan informasi tentang data keluarga, ekonomi dan lainnya yang diperlukan tidak sesuai kenyataan. Data tersebut harus disampaikan dengan tepat dan akurat sesuai keadaan saat itu, karena hal ini sangat penting. Sebab data yang berkualitas, tentu akan memberikan perencanaan yang baik terhadap Kabupaten Tabanan.

“Mari kita dukung pendataan ini dengan memberikan informasi yang benar dan kita juga mengharapkan kepada semua Perangkat Daerah menyampaikan kepada staf dan bawahannya, begitu juga Ibu/Bapak Camat dan juga Perbekel menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya pendataan ini mendukung data yang berkualitas di Indonesia, Bali dan Tabanan khususnya karena Tabanan sungguh sangat memerlukan data yang akurat demi pembangunan Tabanan kedepan,” pinta pihaknya.

Senada dengan Asisten II, Kepala BPS Tabanan Komang Bagus Pawastra, menyampaikan terimakasih kepada seluruh ajajaran Pemkab Tabanan dan yang hadir pada aacra ini dengan tujuan untuk lebih memperkuat jalainan koordinasi dan kolaborasi dalam rangka mensukseskan pendataan awal Regsosek tahun 2022 ini. Dimana sesuai arahan presiden, reformasi program perlindungan sosial diharapkan  adanya perbaikan basis data penerima melalui pembangunan dan registrasi sosial ekonomi atau regsosek serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Tentunya dalam hal ini kualitas data dan basis data yang dijadikan acuan menjadi sangat mutlak bagaimana kualitas nanti pelaksanaan pembangunan usai penghapusan kemiskinan ekstrem ini bisa tercapai. Dalam kondisi ini, bantuan sosial sebagai bagian dari perlindungan sosial harus disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” imbuh Kepala BPS Tabanan karena upaya perbaikan data sosial ekonomi yang mencakup data seluruh penduduk diperlukan juga sebuah sistem pendataan sosial yang terintegrasi, sehingga menyeluruh melalui regsosek. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *