Bupati Laporkan Penanganan Covid di Tabanan Dalam Rakor Penanganan Covid-19 di Provinsi Bali

KataBali.com – Tabanan – Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM, didampingi oleh Sekda, Asisten I, Asisten II, dan Kadis Kesehatan Tabanan, mengikuti Rapat Koordinasi terkait Penanganan Covid-19 Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Bali, di TCC Kantor Bupati Tabanan, Jumat (6/8).

Kembali mengikuti Rakor rutin yang dilaksanakan secara mingguan terkait efektifitas penanganan kasus Covid-19, Bupati Sanjaya sampaikan beberapa kondisi yang dialami kabupaten Tabanan, salah satunya termasuk jumlah kasus aktif yang masih berada pada angka 19,43%, pada koordinasi yang dilakukan seluruh pimpinan daerah di Bali melalui tayangan daring / zoom meeting tersebut. 

Bedasarkan laporan kasus harian, jumlah pasien yang terpapar Covid -19 masih mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak terlepas dari pemaksimalan program 3T (Testing, Tracing dan Treatment) yang diterapkan kabupaten Tabanan sebagai langkah optimal untuk penanganan kasus Covid-19. 

“Kasus harian memang bergerak tinggi dari sebelumnya dan kami sudah memaksimalkan pemberlakuan 3T dengan bantuan Satgas, puskesmas, TNI, Polri dan umumnya seluruh lini masyarakat. Setiap malam pun kami kompak melakukan sidak penyekatan sebagai upaya menekan laju penambahan kasus” Kata orang nomor 1 di Tabanan dalam Rakor mingguan tersebut. Ia juga menekankan keprihatinannya terhadap penambahan kasus yang terjadi. “Setiap 10 sampai 20 orang yang terpapar akan dilakukan testing dan tracing secara menyeluruh, sehingga bisa lebih cepat di-treatment dengan begitu, kita bisa memperkecil kasus yang ada di kabupaten Tabanan” lanjutnya. 

Bedasarkan situasi pemanfaatan tempat tidur (BOR) di Rumah Sakit dan Isoter di Tabanan, Penambahan Daya Tampung Ruang Isolasi pemakaian mencapai angka 77%, sementara ICU  terpakai sebanyak 50% dan daya tampung ruang Isoter Poltrada dipenuhi sebanyak 59%, yang pada intinya, Pemkab Tabanan dengan dukungan Pemprov selalu meningkatkan pelayanan kesehatan sebagai langkah penanganan paparan kasus Covid-19. 

Selain meningkatkan prokes 3M menjadi 6M, penambahan ruang isoter secara bertahap, penegakan disiplin prokes oleh Satgas dan OPD terkait, upaya kolaboratif lainnya seperti penyaluran bantuan sembako dan bansos terhadap warga yang terdampak juga dilakukan Pemkab Tabanan secara rutin. Sesuai himbauan Wayan Koster selaku Gubernur Bali, Pemkab Tabanan akan terus memaksimalkan Isolasi terpusat, pelaksanaan 3T, percepatan vaksinasi, dan mengoptimalkan operasi yustisi penertiban PPKM level 4 yang masih berlangsung hingga 9 Agustus mendatang, sebagai indikator utama pengendalian kasus Covid-19. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *