Sekda Adi Arnawa Pantau Kesiapan Pilkada Badung 2020

keterangan foto: Sekda Adi Arnawa saat melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Badung 2020 ke beberapa TPS yang ada di wilayah Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan, Selasa (8/12).

KataBali.com – Badung – Guna mewujudkan Pilkada Badung tahun 2020 yang sukses, sehat dan aman, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama Forkopimda serta pimpinan OPD terkait melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Badung 2020 ke beberapa TPS yang ada di wilayah Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan, Selasa (8/12). Turut mendampingi Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma, Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Badung I GKG Yusa Arsana Putra.

Sekda Adi Arnawa mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka memantau persiapan penyelenggara pemilu  dan TPS untuk pelaksanaan Pilkada Badung 2020. “Kami bersama para pimpinan Forkopimda dan OPD terkait hari ini hadir bersama memantau perkembangan persiapan Pilkada Badung 2020 yang akan berlangsung pada hari Rabu (9/12). Dari hasil pemantauan di beberapa TPS, penyelenggara juga sudah memastikan kesiapannya dalam  menerapkan protokol kesehatan.

Itu terbukti dengan disediakannya bilik khusus bagi para pemilih yang memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat,” katanya. Pihaknya juga meminta KPPS di masing-masing TPS agar benar-benar melaksanakan pilkada secara luber, walaupun di Badung pilkada hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Disamping itu diharapkan penyelenggara juga agar selalu berkoordinasi dengan pihak aparat, apapun kondisinya dan berharap Pilkada Badung ini berlangsung aman, sukses dan terkendali.

Adi Arnawa menambahkan, kesiapan penyelenggara pemilu, merupakan bagian yang paling krusial pada pesta demokrasi, mulai dari logistik, SDM dan juga SOP-nya. Terlebih saat ini Pilkada dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, sarana dan prasarana penunjang, khususnya kesiapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 harus benar-benar maksimal.

“Kami harus mengetahui apa-apa saja yang telah dilakukan dan bagaimana kesiapannya. Kami pun menghimbau agar warga dapat menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember dan tidak perlu khawatir atau takut tertular. Sebab, penyelenggara sudah menerapkan SOP dan Prokes untuk menghindari penularan Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu I GKG Yusa Arsana Putra dari KPU Badung mengutarakan bahwa pihaknya dengan segala upaya mengusahakan pelaksanaan Pilkada Badung agar bisa berlangsung sukses dan bisa berjalan sesuai dengan regulasi . pihaknya juga mengajak semua masyarakat Badung yang miliki hak pilih untuk hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya.

“Logistik hari ini sudah dipastikan bisa didistribusikan di desa masing masing. Sehingga nantinya kami berharap pelaksanaan Pilkada di Badung ini dapat berlangsung dengan lancar, sukses dan demokratis.” harapnya.

Pada kesempatan yang sama,  I Ketut Alit Astasoma dari Bawaslu Badung  menyampaikan Pilkada Badung yang akan dilaksanakan besok sudah sesuai dengan undang-undang dan protokol kesehatan yang berlaku.

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. Nyoman Gunarta mengungkapkan, dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada 2020  ini, pihaknya menerjunkan tim Dinas Kesehatan untuk memantau seluruh TPS guna memastikan pelaksanaan prokes berjalan sesuai SOP. “Besok tim Pustu, KBS dan Dinas Kesehatan ikut siaga satu memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS untuk mewujudkan Pilkada Badung yang sehat dan aman,” ungkapnya.hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *