Kemenparekraf RI ,COVID-19 Pemerintah Siapkan Program Diskon Paket Pembelian Wisata Domestik

Keterangan Photo.  Wakil Kemenparekraf Angela Tanoesoedibjo serta nara sumber Bincang Maya .

KataBali.Com – Denpasar – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) RI,pandemic COVID-19  akan ada trend pariwisata membaik.Hal ini sejurus telah menyusun berbagai strategis dengan menyiapkan program diskon pariwisata guna mendongkrak paket pembelian wisata domestic yang  direncanakan mulai tahun 2021 mendatang.

Dalam jangka pendek tahun 2021, pasca vaksin,dengan catatan kondisi sudah kondusif,kami menyiapkan program tersebut,”keta Wakil  Menparekraf RI, Angela Tanoesoedibjo dalam “Bincang Maya Torism Industry Post COVID-19 ,Survival anda Revival Strategy, Jumat (16/10).

Kata Angela,pihaknya akan melibatkan pihak hotel dan jasa transprtasi,juga mengandeng berbagai pemangku kepentingan akn dijadikan satu dalam paket ini.Selain itu, ada kerja sama dengan stakeholder ( pengusaha  retoran),diharapkan bisa membantu industry agar dapat pulih kembali.

Lanjut Angela, pandemic COVID-19  diakui cukup berdampak pada tiarapnya disektor pariwisata,karena pariwista sangat bergantung dari pergerakan manusia. “ Indonesia dan Bali khususnya potensinya memiliki peluang untuk  wisata domestik dan  bisa dimaksimalkan,”jelasnya.Ditambahkan Angela, bila melihat dari data kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019 sebanyak 16,1 juta orang, dan total  pengeluaranya mencapai Rp 274 triliun.Sementara dari data UNWTO pada 2018 mencatat  sekitar 9,5 juta dengan pengeluaran sebesar Rp 150 triliun,”jelas Angela.

 Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi memaparkan dari Disisi global, ketidakpastian masih cukup substansial dengan dinamika politik menjelang Pemilu US yang berpengaruh pada perundingan besaran stimulus fiskal lanjutan. Dalam menghadapi masalah pandemi ini, selain penanganan dari sisi kesehatan, stimulus fiskal menjadi kunci penopang roda perekonomian. Isu geopolitik juga menjadi sumber ketidakpastian khususnya dari ketegangan hubungan dagang US dan China serta Brexit antara UK dan Uni Eropa.

Perkembangan lainnya,berdampak pada kinerja perdagangan dunia dan potensi terbatasnya aliran modal ke emerging market yang dapat menahan penguatan mata uang termasuk Rupiah kita. Meski demikian, kita melihat berlanjutnya pemulihan ekonomi global dari sejumlah indikator dini di bulan September 2020, seperti mobilitas masyarakat, keyakinan konsumen di AS dan kawasan Eropa dan Purchasing Managers’ Index baik manufaktur dan jasa di beberapa negara.emerging market, China masih memimpin pemulihan ekonomi dengan stimulus fiskal termasuk se sektor infrastruktur. Hal ini tentunya memberikan optimisme pada dukungan kenaikan volume perdagangan baik barang maupun jasa khususnya pariwisata serta harga komoditas. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menjelaskan,kondisi pandemi COVID-19, jajaranya  terus aktif bersama pemerintah daerah dan pelaku pariwisata seperti PHRI dan BHA memikirkan,mencari dan mengusulkan solusi upaya guna memulihkan pariwisata Bali  kembali normal seperti sedia kalah. “Jelanya.

Sedangkan langkah yang diambil , lanjut Trisno bahwa pihaknya turut memberikan jalan keluar perihal strategi  untuk  bertahan dimasa krisis dan strategi bangkit dari keterpurukan tersebut.Dan sebagai Wakil Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Provinsi Bali, pihaknya juga aktif memberikan solusi mengenai tata cara  new normal dan new spririt melalui sistim pemabayaran nontunai dengan QRIS,” kata Trisno Nugroho.

Lanjut Trisno Nugroho,kampanye pemenfaatan QRIS dilakukan kepada pasar,DTW serta atraksi seperti Uluwatu Monkey Forest,bahkan juga  melakukan kerja dengan TNI untuk penggunaan QRIS,’’jelasnya.

Pada acara Bincang Maya yang diikuti lebih dari 600 peserta dari kalangan pariwisata, mahasiswa dan media,juga  menghadirkan nara sumber , Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati,pebisnis nasional  Sandiaga Uno. Sementara undangan VIP Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI Bali) Riski Ernadi Wimanda, Ketua Bali Tourism Board Ida Bagus Agus Partha Adnyana,CEO Bali Levie Lantu dan  Katua Kadin Bali Made Ariandi. (Smn)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *