Benchmarking KemenPAN-RB di Kantor DPMPTSP, Tinjau Pelayanan Publik di MPP

KataBali.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) melalui Deputi Bidang Pelayanan Publik melaksanakan Benchmarking Implementasi Standar Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Badung, Kamis (12/3).

Acara ini tindaklanjut kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Standar Pelayanan Publik bagi Daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Tujuan Wisata Internasional. Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller, Kasubbag Analis Biro RBP Srena Polri Nany Pribadi serta para peserta yang berjumlah 69 orang dari perwakilan Pemda dan Polres Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Berau dan Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Badung I Made Agus Aryawan dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Standar Pelayanan Publik bagi Daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Tujuan Wisata Internasional yang diisi dengan Benchmarking Implementasi Standar Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Badung.

Khususnya melakukan peninjauan atau study banding dalam pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Badung. Pada kegiatan benchmarking di DPMPTSP Kab Badung ini, Kadis Agus Aryawan menyampaikan pengalaman bagaimana membentuk Mal Pelayanan Publik dan bagaimana melakukan suatu perubahan yang dimulai dari paradigma SDM, peningkatan kinerja dan integritas.

Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan ini dapat memberikan  suatu pengalaman buat daerah-daerah yang sedang mempersiapkan pembangunan Mal Pelayanan Publik serta mengembangkan kawasan ekonomi khusus sekaligus bisa memberikan masukan kepada DPMPTSP sehingga pelayanan yang diberikan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller menyampaikan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Standar Pelayanan Publik bagi Daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Tujuan Wisata Internasional bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang komprehensif tentang peningkatan kualitas pelayanan publik pada daerah-daerah yang berkarakter khusus, baik dari sisi teoritis dan dasar hukum maupun dari sisi best practice.

Program kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan bimbingan teknis bagaimana pengembangan kawasan ekonomi khusus dan daerah tujuan pariwisata dimana Bali dan khusus Kabupaten Badung menjadi refrensi dan lokus untuk dilaksanakannya bimbingan teknis, yang pembukaannya pada hari rabu kemarin yang pada kesempatan tersebut Bapak Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menjadi salah satu narasumber.

Menurut Jeffrey Erlan Muller kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Badung karena Pemerintah Kabupaten Badung dinilai mempunyai karakter dan komitmen yang sangat kuat untuk memberikan pelayanan publik yang baik. Diharapkan dengan dilaksanakan sosialisasi ini dapat memberikan pelayanan yang baik serta mencapai kesempurnaan dengan proses yang panjang. Dengan dilaksanakan turun kelapangan langsung melihat dan mencontoh akan memberikan proses yang lebih cepat. Dimana dari Kementrian PAN -RB akan mempersiapkan dan membantu memfasilitasi berhubungan dengan sistem-sistem yang terkait dengan IT. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *