Wagub Cok Ace: Pemerintah Terus Lakukan Berbagai Upaya Bangkitkan Kembali Pariwisata

KataBali.com – Denpasar-Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace mengatakan dampak wabah virus corona sangat berpengaruh dan signifikan terhadap kunjungan wisatawan dari Tiongkok.

“Namun demikian diharapkan pelaku pariwisata tak sampai merumahkan karyawannya akibat lesunya kunjungan wisatawan Tiongkok ini. Sebab pemerintah saat ini terus berupaya untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata,” ujar Wagub saat tampil sebagai salah satu pembicara pada seminar yang mengusung tema ‘Strategi Menyikapi Imbas Virus Corona dan Peran Strategis Pemerintah serta Stakeholder Pariwisata Daerah dalam Memajukan Pariwisata Bali’ di Graha Tirta Gangga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Kamis (13/2/2020).

Selain Wagub Cok Ace, tampil tiga pembicara lainnya yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio, Ketua BTB/GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana dan Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho.

Cok Ace mengatakan sektor pariwisata merupakan lokomotif perekonomian Bali yang menyumbang 70 persen PDRB Daerah Bali. Sehingga, gangguan pada sektor ini akan berdampak pada mata rantai perekonomian Bali.

Wabah virus corona di Wuhan Tiongkok berpengaruh cukup signifikan bagi pariwisata Bali karena kunjungan wisatawan ke Bali didominasi oleh turis Tiongkok selain Australia. “Sebaran wisatawan bervariasi, ada daerah yang 100 persen mengandalkan wisatawan Tiongkok sehingga sangat merasakan dampak virus corona,” ujar Wagub.

Melihat situasi ini, pelaku pariwisata mulai pasang ancang-ancang meliburkan karyawan mereka. Hal ini lazim dilakukan saat pariwisata lesu. Namun hal ini diharapkan tak akan terjadi karena pemerintah terus melakukan upaya untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata.

Pelaku pariwisata diharapkan bersabar menghadapi situasi ini.
Menurut Cok Ace, sejumlah strategi yang ditempuh adalah menggalakkan pariwisata MICE (Meeting, Incentives Conventions, Exhibitions) ke Bali.

Event-event yang sebelumnya teragenda dilaksanakan di wilayah terinfeksi, diharapkan bisa dialihkan ke Bali. Selain itu, Bali juga minta pemerintah menambah rute penerbangan ke negara alternatif seperti Vietnam. Slot kosong yang sebelumnya diisi dengan rute dari dan ke Tiongkok diharapkan bisa dialihkan ke negara lain seperti India dan Vietnam.

Selain itu, pemerintah juga diharapkan menurunkan harga tiket penerbangan domestik. “Jangan hanya melihat dari sisi usaha penerbangan, namun pemerintah harus pula mempertimbangkan sektor ekonomi secara holistik,” ujar Cok Ace.

Dikatakan Pemprov Bali juga telah menempuh berbagai upaya untuk mencegah masuknya virus corona ke Bali seperti mengintensifkan pemeriksaan di pintu-pintu masuk dengan pemasangan Thermo Scanner di bandara dan menyiapkan tiga RS rujukan yaitu Sanglah, RS Sanjiwani Gianyar dan RS Tabanan. “Kita bersyukur, 18 orang yang dicurigai suspect corona, terbukti negatif,” tambahnya.

Sementara itu Ketua BTB/GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui langkah strategis pemerintah pusat dan daerah dalam menyikapi dampak virus corona. Sebab penyebaran virus corona berdampak cukup signifikan bagi pariwisata Bali karena terjadi 40 ribu pembatalan kunjungan yang menyebabkan kerugian hingga Rp1 triliun.

“Kami menempuh berbagai upaya agar pariwisata terus berputar. Yang patut disyukuri, sejumlah agenda yang diikuti peserta dari berbagai negara akan dilakukan di Bali dalam waktu dekat. Saya optimis kondisi akan segera pulih jika virus dapat dikendalikan,” ujarnya.

Diharapkan dalam situasi ini, pelaku pariwisata jangan sampai banting harga sehingga kualitas pariwisata Bali tetap tejaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio mengatakan pemerintah merancang rencana induk pembangunan pariwisata nasional yang mempunyai tugas lebih detail spesifik. Diharapkan rencana ini segera terwujud agar semua yang terlibat dapat melihat ke mana arah pengembangan pariwisata.

Terkait wabah virus corona yang mengagetkan sektor pariwisata, menurut Wishnutama kerugian yang ditimbulkan belum bisa dihitung secara pasti. Menteri pada kesempatan itu mengapresiasi kegiatan yang digagas BTB Bali yang diharapkan dapat memberi masukan yang lebih komprehesif dalam menyikapi dampak virus corona bagi sektor pariwisata. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *