BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD,Upaya Bank Sentral Menuju Indonesia Cerdas

        

KataBali.com – Denpasar. Sebagai Bank Sental, Bank Indonesia ( BI ) terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang peran dan kebijakan yang dikeluarkan melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi.Termasuk melakukan edukasi dan sosialisasi terkait tugas BI, juga kegiatan sosial Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

    Salah satu tema unggulan PSBI “Indonesia Cerdas”, BI menginisiasi Program BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD,mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang fungsi dan peran Bank Indonesia untuk meningkatkan pendidikan,dengan penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat dan kegiatan sosialisasi.

      “ Hal ini  tidak terlepas dari semangat BI berperan aktif  menumbuhkan minat baca dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebanksentralan, “ jelas Kepala Perwakilkan Bank Indonesia Wilayah Bali, Trisno Nugroho, saat meresmikan  

BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD dirangkai  bedah buku “Bank 4.0: Banking Everywhere, Never at a Bank”, Senin ( 16/12) lalu di Gedung BI Denpasar.

       BI Corner dibangun dengan desain dan fasilitas lengkap  koleksi Pustaka  berkualitas, dari dalam maupun luar negeri.Fasilitas ini, akan dikembangkan dengan berbagai kegiatan aktivasi bersifat edukatif,“Diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan BI Corner dan fasilitas yang ada, “ jelas Trisno.

     Saat ini, BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD telah hadir di sejumlah perguruan tinggi, sekolah menengah, perpustakaan dinas, fasilitas strategis dan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara bertahap, BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD direncanakan hadir di setiap jenjang pendidikan dan perpustakaan daerah terpilih serta beberapa sarana publik strategis.

     Pembangunan BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD di Provinsi Bali telah dilaksanakan sejak tahun 2015.Pada tahun 2019,diantaranya tersedia  5 unit BI Corner di Universitas Udayana,Dispusip Kota Denpasar,Dispusip Kab. Karangasem, SMAN 1 Singaraja dan SMKN Bali Mandara.

   “  Kami juga telah membangun 5 unit Pojok Baca & Dongeng PAUD di TK Dharma Wiweka, TK Wipara, TK Imanuel, TK Santa Maria dan TK Lab Undiksha.Total ada  15 BI Corner dan 6 Pojok Baca & Dongeng PAUD  tersebar di wilayah kerja KPwBI Provinsi Bali.

    Untuk mendukung penyediaan fasilitas BI Corner yang berkualitas di masing-masing BI Corner, tersedia 300 buah buku, terdiri dari 250 buah buku berbahasa Indonesia dan 50 buah buku berbahasa Inggris. Selain itu juga terdapat 1 buah PC berisi materi edukasi mengenai kebanksentralan, presentasi kajian ekonomi dan hasil survei serta kebijakan BI terbaru,yang terus di-update secara rutin. Kedepannya pengembangan program BI Corner tetap berbasis edukasi tentang Bank Indonesia, dan kegiatan sekitar bidang ekonomi.

     Sedangkan penyediaan fasilitas Pojok Baca & Dongeng PAUD, masing-masing Pojok Baca & Dongeng PAUD, tersedia 100 buah buku, satu set alat peraga mendongeng.Untuk meningkatkan awareness program dari lembaga penerima BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD, Bank Indonesia Pusat melaksanakan kompetisi BI Corner Awards untuk mrngapresiasi  pengelola BI Corner terbaik,  sebagai upaya membangun engangement  yang kuat antara BI dan lembaga penerima manfaat.

      Dalam kesempatan itu,SMAN Bali Mandara yang memproleh penghargaan BI Corner BI tahun 2018 dan 2019 ini terbaik I Tingkat Nasional,diberi kesempatan untuk  sharing experience mengenai pengelolaan BI Corner.

    “ Kami mengharapkan partisipasi aktif seluruh penerima manfaat BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD. Fasilitas di  BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD dapat dirawat, dan penambahan koleksi akan dilakukan secara berkelanjutan, “ imbuh Trisno Nugroho . (nn )

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *