Belayu Kembangkan Potensi Seni, Adat dan Budaya Melalui Festival

Katabali.com – Tabanan –  Shaba Yowana Desa Adat Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan menggelar festival yang bertajuk Festival Belayu II dengan tema ‘Sevanam’ yang mempunyai arti melayani. Festival ini digelar dari tanggal 13-15 Desember 2019.

Bahkan festival itu dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace bersama Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, di Wantilan Desa Adat Belayu, Desa Beringkit, Marga, pada Jumat, (13/12).

Festival yang dikemas dalam Festival Belayu II dengan tema Sevanam ini digagas atas dasar semangat pemuda atau generasi milenial saat ini, sehingga dapat memberikan ruang bagi pelaku seni untuk menampilkan kreatifitas seni dan juga potensi yang dimiliki.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, Anggota DPR RI I Made Urip, DPD RI AA Gede Agung, anggota DPR Provinsi I Ketut Purnaya, Ketua DPRD I Made Dirga, Eka Putra Nurcahyadi dan beberapa anggota DPRD Tabanan, Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, dan undangan lainnya.

I Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan penggagas festival ini adalah yowana, sekaa teruna, masyarakat dan seluruh elemen desa. “Bukan saya yang menggagas acara ini melainkan yowana, sekaa teruna, masyarakat dan seluruh elemen Desa Belayu yang ingin meningkatkan dan mengembangkan potensi seni adat dan budaya yang dimiliki,” ucapnya.

Tentunya seiring dengan pembangunan fisik, sudah saatnya Belayu memiliki arah yang jelas. Melalui acara ini kita ingin betul betul bisa menunjukan konsep untuk pelestarian tradisi seni adat dan budaya. “Semoga Belayu mempunyai identitas jelas,” harapnya.

Sementara Wakil Gubernur Bali Cok Ace sebelum membuka acara secara resmi mengucapkan selamat atas terlaksanannya Festival Belayu yang ke -2 ini. Diakuinya kesan pertama masuk ke Desa Adat Belayu, Ia menyatakan sangat kagum. “Pertama kali saya memasuki Belayu sangat luar biasa, tiang merasa kagum pisan,” ujarnya karena melihat potensi Desa Adat Belayu.

Menurutnya ini momentum yang baik untuk menunjukkan jati diri dan potensi Belayu. Karena potensi Desa Adat Belayu sangat luar biasa. “Semoga festival Belayu ini menjadi lebih baik, dan segera melakukan evaluasi untuk kearah lebih baik lagi kedepannya,” ujar Cok Ace.

Wabup Sanjaya menambahkan pihaknya selaku perwakilan Pemkab Tabanan memberikan apresiasi terhadap Desa Adat Belayu khususnya saba yowana yang bisa membuat acara spektakuler dan berkelas.

Diakuinya dengan kehadiran masyarakat yang begitu banyak mencerminkan festival ini berjalan dengan sukses. “Banyak peserta yang hadir membuktikan acara sukses dan antusias penonton sangat baik untuk mensukseskan festival Belayu,” tambahnya. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *