HUT Ke-48 KORPRI, Pemprov Bali Mengundang Edvan M. Kautsar Motivasi ASN Jadi Agen Perubahan

KataBali.com – Denpasar- Serangkaian dengan Peringatan HUT ke 48 KORPRI Tahun 2019, Pemerintah Provinsi Bali mengundang motivator muda Indonesia Edvan M. Kautsar untuk  memberikan motivasi pada jajaran Pemprov Bali untuk bisa menyikapi perubahan dan menjadi agen perubahan, di Gedung Ksiraarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu (16/11).

Mengawali seminar  motivasinya, Motivator Muda No 1 di Indonesia ini mengingatkan kita semua untuk selalu bersiap diri menghadapi perubahan dan berani untuk keluar dari zona nyaman. Menurutnya satu hal yang pasti dalam kehidupan ini adalah perubahan dan orang yang siap dengan perubahan tersebut yang akan menjadi pemenangnya. Untuk itu, ia mengingatkan kita semua untuk  bisa cepat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

Lebih jauh, Edvan Kautsar menyampaikan saat ini dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. Era di mana terjadinya disruptif teknologi, yang ditandai dengan volatile (rapuh), uncertain(ketidakpastian), complex( rumit) serta ambigious (rancu) yang membawa banyak perubahan dalam segala lini kehidupan manusia termasuk di dalamnya birokrasi. Untuk menyikapi perubahan di birokrasi tersebut, ASN harus siap untuk menjadi agen perubahan, menyambut perubahan tersebut dengan belajar, membuka pikiran terhadap kemajuan zaman serta tak kalah pentingnya bangga dan menjungjung nilai adat dan budaya yang dimiliki. Dengan demikian kita akan siap menghadapi perubahan dengan tetap berpegang teguh pada nilai nilai budaya serta adat yang kita miliki.

“Perubahan itu adalah hukum alam, perubahan akan mengajarkan kita untuk menjadi sosok yang lebih baik dan lebih sempurna. Untuk itu kita harus siap menghadapi perubahan tersebut. Kita harus siap menyambut perubahan, menjadi agen perubahan dengan tetap mempertahankan nilai dan budaya yang kita miliki. Kita sambut perubahan dengan positif,” imbuhnya.

Dalam seminar motivasinya dihadapan para pejabat eselon 2,3 dan 4 di Lingkungan Pemprov Bali, Edvan Kautsar juga menyampaikan bahwa sesungguhnya yang dicari dalam hidup ini adalah bahagia dan tidak ada kebahagiaan yang abadi dalam hidup ini. Menurutnya terdapat tiga jenis kebahagian yaitu kebahagian fisik seperti jabatan, rumah mewah, gaji besar serta pakaian dan perhiasan mewah. Namun kebahagian fisik ini akan membawa permasalahan seperti ketika tidak ada uang maka bekerja asal asalan, menjadi malas, tidak merasa puas, mementingkan diri sendiri dan menjadi serakah. Demikian pula halnya dengan kebahagian yang kedua yaitu kebahagian emosi seperti pujian, piagam penghargaan, pengakuan dan apresiasi yang nantinya juga akan menimbulkan masalah seperti bekerja kalau ada alasan, suka pamer, tidak punya semangat bahkan bisa stres. Kebahagiaan yang ketiga adalah makna kebahagian yang sesungguhnya yang akan kita dapatkan dari memberi, melayani dan bermanfaat bagi orang lain. ” Berbahagialah dengan menikmati pekerjaan. Seberapa besarpun tantangan yang kita hadapi, tetaplah bersyukur. Cara mudah untuk bersyukur adalah dengan mengetahui hikmah dan makna dari setiap pekerjaan yang kita lakukan, dan itulah kebahagian yang sesungguhnya,  “imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra yang dalam kesempatan ini mewakili Gubernur Bali menyampaikan apresiasi atas  motivasi yang luar biasa yang telah disampaikan kepada jajarannya agar  dapat menyikapi perubahan yang terjadi. Menurut Dewa Indra,  seminar motivasi bertujuan untuk   menghidupkan kembali dan menambah energi jajarannya yang selama ini mungkin merasa jenuh dengan kegiatan  rutinitas masing-masing serta target pekerjaan yang semakin banyak. ” Kalau dikatakan kita  seperti mesin yang terus bergerak, terus berjalan sehingga lama kelamaan suara mesin makin melemah, kinerjanya menurun, maka seminar ini bagaikan bensin untuk mesin itu, energi kita bertambah, semakin termotivasi  untuk  bekerja lebih maksimal,” tuturnya.

Sekda Dewa Indra juga mengajak jajarannya untuk bersiap diri dalam menghadapi perubahan dan menjadi agen perubahan. Perubahan yang merupakan sebuah keniscayaan harus disikapi dengan positif sehingga kita bisa bekerja dengan baik dalam ekosistem perubahan. ” Perubahan itu pasti, siapa yang tidak bisa mengikuti perubahan akan ketinggalan. Mari kita sikapi perubahan sebagai hal yang positif, kita bekerja dengan sebaik baiknya untuk merealisasikan  apa yang menjadi visi kita bersama Nangun Sat Kerthi Loka Bali, “imbuhnya. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *