Agar Berkarakter dan Berdaya Saing, Pemprov Bali Dukung Wirausaha Muda Berprestasi

KataBali.com – Denpasar, Upaya Pemerintah provinsi Bali dalam rangka menumbuhkembangkan pemuda yang berkarakter dan berdaya saing melalui kewirausahaan dalam mewujudkan dan mendorong pemuda berwirausaha.

Para pemuda untuk berwirausaha (pemilik dan pengelola unit usaha) yang telah ada serta menumbuhkan wirausaha atau minimal unit-unit usaha baru pada sektor-sektor yang produktif sesuai dengan potensi daerah.
Hal itu disampaikan Plt. Kepala dinas Kepemudaan dan Olah Raga, Made Rentin pada siaran persnya hari Kamis (31/10) di kantor Dinas Kepemudaan dan Olah Raga provinsi Bali, Renon Denpasar.

Rentin menambahkan bahwa Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali menyelenggarakan Program Pengembangan Pemuda dengan Kegiatan Pemilihan Wirausaha Muda Berprestasi Provinsi Bali Tahun 2019 untuk menumbuhkan kesadaran dan minat berwirausaha serta memberikan penghargaan kepada wirausaha muda yang berprestasi sebagai apresiasi kepada para pemuda yang aktif dalam dunia usaha dan telah menunjukkan hasil serta berpotensi untuk berkembang. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, pada saat Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 di Lapangan Bajra Sandi, Renon Denpasar. Adapun penghargaan yang diberikan berupa hadiah piala dan uang masing-masing sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah), kepada masing-masing pemenang, jelasnya.

Adapun penerima penghargaan sebagai berikut :
I Putu Agi Pratama, Bidang Usaha Pertanian dan Kelautan
Ni Pande Putu Desi Astriani, Bidang Usaha Industri Kreatif
I Putu Arindra Prathama, Bidang Usaha Industri Pangan dan Kuliner
I Wayan Ade Saputra, Bidang Usaha Perdagangan dan Jasa

Rentin juga memaparkan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.
Lebih rinci dijelaskan Rentin bahwa Pemilihan Wirausaha Muda Berprestasi Provinsi Bali dikategorikan dalam 4 (empat) bidang usaha, para pemenangnya sebagai berikut :
• Bidang Usaha Pertanian dan Kelautan :

  1. I Putu Agi Pratama (kopi)
  2. I Made Nistra (bawang merah)
  3. Ni Kadek Sri Utari (hydroponik)
    • Bidang Usaha Industri Kreatif :
  4. Ni Pande Putu Desi Astriani (retail baju/fashion)
  5. Ni Putu Ellida Raiani Pande (mom and baby care oil)
  6. I G. N. Erlangga Bayu Rahmanda (fashion)
    • Bidang Usaha Industri Pangan dan Kuliner :
  7. I Putu Arindra Pratama (warung tenda)
  8. Made Ani Setia Wulan (sambal mantu)
  9. Putu Agus Indra Wahyudi (mie tonjok)
    • Bidang Usaha Perdagangan dan Jasa :
  10. I Wayan Ade Saputra (jasa konsultasi IT)
  11. I Gusti Made Yudi Antara Wijaya (jasa hunian sewa)
  12. Ni Nyoman Pudak Sari (smokebomb)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *