Dekra­nas Award 2019, Ny Putri Koster Raih Penghargaan 5 Besar Pembina Teladan

KataBali.com – Jakarta – Pemerintah melalui Kemente­rian Perdagangan (Kemendag) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekra­nas) untuk keempat kalinya menggelar event Dekra­nas Award.

Pemberian penghargaan Dekra­nas Award 2019 bertujuan untuk memoti­vasi para perajin dan meningkatkan daya saing produk kriya unggulan daerah. Kegiatan  ini dilaksanakan  di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/9) pagi.

Dekranas Award Pembina Teladan kali ini diikuti oleh 20 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi, yang bekerja sama dengan Dekra­nasda Kabupaten dan Kota.

Selain itu, kali ini juga dilaksanakan Award Karya Kriya terbaik Indonesia yang tahun ini diikuti oleh 198 karya kriya terdiri dari delapan kategori produk yaitu: tekstil, serat alam, keramik, kayu, logam, batu-batuan, bahan baku alam, bahan baku alam lain yang telah di proses.

Pada Dekra­nas Award 2019,  Dekranasda Bali meraih penghargaan 5 besar Pembina Teladan bersama Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat. Setelah melalui penilaian dan persidangan dewan juri, maka diputuskan Dekranasda Nusa Tenggara Timur keluar sebagai Pembina Teladan Terbaik.

Usai menerima penghargaan, Ketua Dekranasda Bali Ny Putri Suastini Koster mengatakan bahwa bukan hal yang mudah untuk mengemban tugas menjadi Ketua Dekranasda Provinsi Bali, terutama untuk kembali menggairahkan dan melestarikan serta mengembangkan produk kerajinan yang ada di daerah.

“Saya berharap dukungan, support dan sinergitas dari seluruh komponen baik dari pemerintah, organisasi dan tentunya masyarakat untuk bersama wujudkan keajegan karya-karya produksi lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ny Putri Koster mengatakan dengan adanya Dekranas Award ini, diharapkan akan muncul pelaku-pelaku baru dan juga karya-kriya yang inovatif, otentik, berbasis pada tradisi dan budaya dengan kua­litas dan desain yang baik, sehingga dapat meningkatkan daya jual dan daya saing produk tersebut, yang pada akhirnya dapat mening­katkan kesejahteraan perajin serta meningkatkan pere­konomian daerah.

Ajang Dekranas Award 2019 ini dihadiri Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo, Ketua Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Ibu Erny Tjahyo Kumolo, Ibu-ibu Oase,  pengurus Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi dan undangan lainnya.

Sementara itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Tjok Putri Hariani Ardhana Sukawati, Ny Widiasmini Indra, Kadis Disperindag selaku Ketua Harian Dekranasda Bali Putu Astawa, dan Sekretaris Dekranasda Bali Komang Wardiyanto.

Sejumlah stand kerajinan dari beberapa daerah Bali pun turut berpartisipasi dalam ajang ini, yakni Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, Gianyar, Bangli, Karangasem,  Jembrana dan Kabupaten Buleleng. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *