Gubernur Koster Ajak Seluruh Pemda Di Bali Perangi Sampah Plastik

KataBali.com – Dalam konferensi pers terkait pemenangan Pemprov Bali atas gugatan uji materi Pergub no.97 tahun 2018, Gubernur Bali, Wayan Koster mengajak berbagai pemda di Bali untuk tidak ragu megeluarkan kebijakan serupa.

“Perluas kebijakan terhadap lingkungan. Kita pastikan pemda lain mengeluarkan peraturan terkait pembatasan ini (sampah plastik). Tidak perlu ragu-ragu, ini sudah dikutakan oleh MA,” terang Koster kepada wartawan di rumah dinasnya, hari ini (11/7).

Ia juga menegaskan bahwa dengan visi Sat Kerthi Loka Bali, kebijakan pemerintah di Bali harus berpijak pada pembangunan pariwisata. Yang salah satunya yakni membuat Bali bersih dari sampah sekali pakai. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan membuat suatu regulasi baru terkait pngelolaan sampah plastik sekali pakai dengan biaya jauh lebih murah.

“Kita akan buat (peraturan) di hulu terkait sumber sampah (plastik), tentang pengelolaan sampah yang dihasilkan ibu rumah tangga hingga industri. Perlu dipisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Dan siapa yang hasilkan sampah, dia yang kelola, dan diberi insentif (pengelolaan) bertingkat oleh pemerintah,” tutup Koster. (da)


katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *