Bali Beberapa Kali Diguncang Gempa Bumi, Ini Kata BPBD Denpasar

KataBali.com – Akhir-akhir ini, Bali mulai sering dilanda gempa bumi. Bahkan kemarin (24/7), tiga gempa bumi landa Bali masing-masing pada pukul 09.29 wita, 21.17 wita, dan 23.50 wita.

Dihubungi hari ini (25/7), sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar, Ardy Ganggas menjelaskan bahwa pihaknya rutin menggelar simulasi antisipasi bencana, terutama menghadapi gempa bumi yang sering melanda Bali akhir-akhir ini.

“Setiap 6 bulan selalu kami lakukan simulasi. Tempat evakuasi vertikal di Serangan, Denpasar Selatan,” ujarnya saat ditemui oleh wartawan.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa di Denpasar terdapat sirene peringatan tsunami yang terletak di dua tempat. Masing-masing tempat tersebut yakni Pantai Matahari Terbit dan Pantai Serangan.

“Sirene atau alarm sampai saat ini berfungsi sangat baik, dan setiap tanggal 26 selalu lakukan uji coba atau dibunyikan,” tutur Ardy.

Sebagai langkah evakuasi, Denpasar memiliki Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang berada di area Pasar Serangan, Denpasar, dan di depan Pura Dalem Cemara. Bangunan tersebut memiliki empat lantai dengan konstruksi tahan gempa yang diklaim mampu menampung hingga 1.000 orang.

Ditambahkan pula oleh Ardy, pihak BPBD juga telah melakukan MoU dengan seluruh hotel yang terletak di pinggir pantai agar mau bekerjasama dengan BPBD dalam hal evakuasi gempa dan tsunami. Dalam hal ini, seluruh hotel yang layak sebagai tempat evakuasi hanyalah hotel yang memiliki lebih dari tiga lantai. (da)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *