PMI Tabanan Terima Bantuan Mobil Donor Darah dari Rotary Club Jepang

KataBali.com – Tabanan – Komitmen PMI (Palang Merah Indonesia) Tabanan dalam membenahi sistem dan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi standar yang ada sebagai organisasi kemanusian mendapat dukungan dari pihak Jepang melalui Rotary Club.

Bentuk dukungan tersebut berupa satu unit Mobil Donor Darah yang diserahkan oleh Rotary Club kepada PMI Kabupaten Tabanan yang diterima langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, Selasa (21/5), pagi, di BRSU Kabupaten Tabanan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PMI Kabupaten Tabanan, I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan bahwa bantuan ini merupakan surprise (kejutan) bagi Tabanan. “Ini suatu surprise buat Tabanan, karena bantuan ini sangat terbatas dan kebetulan Tabanan berjodoh dengan pihak  Jepang,” ucapnya.

Wabup Sanjaya menerangkan, Pemerintah Kabupaten Tabanan sudah cukup banya diberikan bantuan oleh pihak Jepang, mulai dari mesin micro hidro, mesin sampah dan sekarang yang terbaru adalah mobil donor darah. “Jadi bulan mei adalah bulan yang begitu berkah bagi Tabanan. Kami selaku ketua PMI dan kawan-kawan di PMI sangat berterimakasih dan menyambut baik sekali, karena bantuan ini sangat kami butuhkan untuk menunjang kinerja kami di PMI,” ungkapnya.

Wabup Sanjaya menambahkan ini merupakan gayung bersambut bagi Tabanan, disaat PMI Kabupaten Tabanan mengalami kendala dalam mengotimalkan donor darah di Tabanan. “Dan dengan adanya bantuan mobil sehat ini bisa memperluar gerak PMI. Karena terus terang selama ini ada kendala untuk melakukan kegiatan donor darah. Jadi dengan mobil ini kita bisa mobile dan lebih maksimal lagi terkait transfusi darah dan lain-lain,” sambung Sanjaya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Presiden Rotary Club Jepang Tomioka Tabora Kunihiko Takahasi beserta rombongan, Presiden Rotary Club Bali, Nanda Devi serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Presiden Rotary Club Tomioka Tabora, Jepang, Kunihiko Takahasi, mengatakan bahwa sebelum berniat memberikan bantuan mobil donor darah ini kepada PMI Kabupaten Tabanan. Pihaknya melihat bahwa di Bali, khususnya di Tabanan sangat membutuhkan sarana untuk donor darah. maka dari situlah ide untuk memberikan bantuan Mobil Donor Darah ini untuk Kabupaten Tabanan.

Pihaknya menerangkan bahwa sebelum disini (Tabanan) terlebih dahulu mau memberikan bantuan ini ke pihak Korea, baru setelahnya adalah Tabanan. Namun pihak Korea ada sedikit masalah. Untuk itu maka rasanya yang paling tepat untuk menerima bantuan ini adalah Tabanan. “Jadi waktunya ini pas dan jodoh dengan Tabanan, dan ini merupakan bagaikan durian runtuh buat Tabanan. Kami bangga memberikan bantuan ini kepada Tabanan dan semoga bermanfaat,” harap pihaknya.

Pihak PMI Kabupaten Tabanan menambahkan bahwa masalah donor darah atau transfusi darah merupakan hal yang perlu kehigienisan di dalam pelaksanaannya. Mengingat dengan adanya kualitas darah yang tentunya dihasilkan melalui transfuse darah harus bebas dari kontaminasi bakter atau udara bebas. “Mudah-mudahan dengan adanya bantuan mobil donor darah ini, darah yang dihasilkan oleh UTD Tabanan akan terus meningkat serta terbebas dari kontaminasi bakteri sehingga standar mutu untuk semua darah yang dihasilkan oleh PMI Tabanan sesuai dengan standar kualitas mutu,” tegas pihaknya. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *