Jelang Panca Bali Krama, Wabup Karangasem Intruksikan Pengamanan Maksimal

KataBali.com – KARANGASEM –  Wakil Bupati Karangasem Artha Dipha meghadiri rapat kordinasi pengamanan Karya Piodalan Panca Bali Krama di Pura Lempuyang yang digelar di Aula Dhira Brata, Polres Karangasem Selasa, (8/1/2019). Selaku Ketua Panitia Panca Bali Krama, Wabup menilai rapat teknis cukup penting dan akan dilakukan secara maksimal dengan melibatkan semua unsur .

Nampak hadir dalam rapat Kapolres Karangasem, IGN Agung Panji Anom, Dandim 1623 Karangasem, Letkol  Inf Bima Santosa dan sekaligus memimpin rapat bersama Wabup Artha Dipha.

Sesuai hasil rapat, pengamanan mulai akan dilakukan pada saat acara Segara Kertih Mras Segara (Melasti) pada 11 Januari 2019 dan Puncak Karya Panca Bali Krama pada 20 Januari 2019, dimana pada saat dudonan karya tersebut akan banyak pemedek yang mengikuti acara tersebut.

“Kesiapan pengamanan harus menjadi  atensi secara maksimal sebab saat acara Melasti jumlah pengiring  diperkirakan pengiring  berjumlah 10.000 orang yang berasal dari seluruh Bali,” ucap Artha Dipha disela-sela acara kemarin.

Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut sekaligus dihadiri  jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kapolsek Abang, Ketua PHDI Kabupaten Karangasem, Kades Sekecamatan Abang ,  dan Ketua Pecalang Sekecamatan Abang.

Rapat tersebut diadakan dengan tujuan agar terjaminnya situasi Kamtibmas yang aman, tertib dan kondusif selama pengamanan upacara keagamaan Karya Agung Panca Bali Krama Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kec. Abang, Kab. Karangasem.

Saat Melasti nanti, ada total 21 titik pengamanan dan kekuatan pengaman bersumber dari Polri yang berjumlah 61 Personil.  Pengamana juga akan dibantu oleh Dishub Karangasem yang akan betugas melakukan penjagaan di Simpang Tiga Batang, Simpang Tiga Culik, Simpang Tiga Kantor Desa Purwakerti, Simpang Tiga Melasti, Area Lokasi Melasti dan parkir VIP, sedangkan Satpol PP di Parkir Setra Tukad Besi, Parkir VIP dan area lokasi Melasti.

Sedangkan saat acara Panca Bali Krama berlangsung akan ada 3  Pos Pengaman yaitu 2 Pos Pengamanan dan 1 Pos Terpadu, dan akan ada 19 titik PAM Jalur Panca Bali Krama Pura Lempuyang, dengan kuat libat Pers sebanyak 159 Personil, selama 42 hari dengan kuat pers per shift 53 personil perharinya, dan untuk Satpol PP sudah menyiapkan 50 Personil untuk ikut mengamankan, Dishub pun juga sudah menyiapkan rambu-rambu baik untuk kegiatan melasti maupun kegiatan acara Panca Bali Krama.

Untuk kegiatan Melasti juga dihimbau bagi masyarakat dari arah Singaraja/Kubu yang akan menuju arah Amlapura agar melalui jalur Simpang Tiga Batang – Kesimpar – Simpang Empat Abang, sedangkan Masyarakat dari arah Amlapura yang akan menuju arah Singaraja/Kubu agar melalui jalur Simpang Empat Abang – Kesimpar – Simpang Tiga Batang, dan untuk Tamu (Warga Asing)/ masyarakat yang berada disekitar pantai Amed yang akan menuju Amlapura/Denpasar agar melalui jalur Amed – Bunutan – Seraya – Ujung atau cek out/ berangkat sebelum jam 07.00 wita atau setelah selesai kegiatan Melasti, untuk Khusus Truk Pengangkut barang, Galian C, BBM/LPG agar tidak melewati jalur Nasional selama prosesi melasti berlangsung atau menunggu hingga seluruh rombongan melasti memasuki pantai Melasti Amed.

Kapolres Karangasem, IGN Agung Panji Anom menekankan kepada seluruh jajaran agar bersama sama bekerjasama menyukseskan keamanan acara Panca Bali Krama dan akan menindak tegas oknum yang membuat keonaran ” saya tidak akan segan-segan menindak oknum yang melakukan pungli, oknum yang membuat onar pada saat kegiatan berlangsung” tegasnya.

Begitu pula Wabup Artha dipa selaku ketua Panita mengharapkan kerjasama dan sinergitas agar acara belangsung dengan baik.

“Acara Panca Bali Krama, baru pertama kali diadakan di Pura Lempuyang karna beberapa acuan sastra, jadi mari kita saling bahu membahu menyukseskan acara ini,” harapnya. (*)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *