Bupati Badung Serahkan Hibah Kepada Krama Desa Adat Padang Luwih

KataBali.com – Dalam upaya mendukung pelaksanaan Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya Desa Adat Padang Luwih. Karya ini merupakan bagian dari pelestarian, seni, adat, agama, tradisi dan budaya. Untuk itu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 800 juta kepada krama Desa Adat Padang Luwih, Desa Dalung, Kamis (12/7) lalu di Jaba Pura Dalem Penataran Banjar Tegaljaya, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Bantuan diterima secara simbolis oleh Bendesa Adat Padang Luwih I Ketut Oka Sudana.

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster dan Cokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Ketua Gatriwara Kabupaten Badung, Dinas Kebudayaan Badung, Kementrian Agama Badung, Sekcam Kuta Utara, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya serta tokoh masyarakat setempat.

Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya masal ini dapat meringankan dari segi biaya serta dapat meningkatkan rasa menyama braya dan gotong royong masyarakat.

“Untuk itu kami Pemkab Badung akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban, paling tidak masyarakat tidak lagi mengeluarkan peson-peson atau iuran berupa dana,” jelas Bupati.

Bupati Giri Prasta juga mengatakan, dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemkab Badung telah menetapkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). PPNSB mencakup lima skala prioritas program pembangunan meliputi; pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama, tradisi dan budaya, serta pariwisata termasuk infrastruktur.

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat melalui program bedah rumah, pendidikan dan kesehatan gratis, pelayanan administrasi kependudukan gratis, PBB gratis termasuk santunan kematian.

Sementara Bendesa Adat Padang Luwih I Ketut Oka Sudana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah membantu pelaksanaan Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya ini sehingga bisa berjalan dengan lancar. “Kami mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan Bapak Bupati Badung, sehingga upacara ini dari awal upacara Ngelungah yang ikuti 49 orang, atur piuning, ngangkid yang ikuti 92 orang anak alit, lanjut metiga bulan, ngadegang manik galih, mesanan epeg, angget don bingin, ngajum sekar, murwa daksina, nunas tirta dan muja prelina ini bisa berjalan lancar,” katanya.

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *