Komunitas Photografi Gelar Lomba Foto Tenarkan Museum

KataBali.com – KLUNGKUNG – Meskipun cuaca tengah mendung, Minggu 24 Juni 2018, tidak menyurutkan semangat puluhan fotografer dari berbagai daerah diseluruh Bali untuk berkumpul di Museum Gunarsa, Dusun Banda, Desa Takmung, Banjarangkan, Klungkung. Kemarin, Focus Klungkung kembali menggelar event Foto Hunting. Selain untuk tujuan amal, event foto ini  juga untuk memperkenalkan Museum Gunarsa sebagai salah-satu tujuan destinasi wisata unggulan di Klungkung.

“Foto hunting ini awalnya kita konsep tujuannya amal, donasi dari fotografer akan kita salurkan untuk warga kurang mampu. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan museum Gunarsa lllllsebagai destinasi wisata di Klungkung,” Ujar Ketua Panitia Hunting Foto Komunitas Focus Klungkung,  I Komang Mudiasa

Sama halnya dengan komunitas fotografi lainnya di Bali, Focus Klungkung juga ingin berkembang  dengan membuat event hunting foto bersama. Namun menurut Komang Mudi, komunitas fokus memiliki perpektif sendiri tentang fotografi. Bagi komunitas ini, fotografi tidak sekedar  menampilkan gambar yang indah dan cantik. Namun, lebih pada bagaimana memperkenalkan keindahan dan potensi suatu Destinasi khususnya di Klungkung.

“Dengan event ini, kita kenalkan pula jika di Klungkung ada museum Gunarsa. Museum ini mengoleksi berbagai benda bersejarah yang beberapa sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. Masyarakay perlu tau, dan dengan fotografi ini lah kami memperkenalkannya,” ungkapnya.

Event ini menyajikan beberapa konsep menarik, yang mengambil lokasi di beberapa titik di Museum Gunarsa. Konsep pertama, menyajikan konsep pernikahan adat Bali Agung, dengan latar ukiran boma khas Klungkung yang ada di lobi Museum. Selain itu, ada pula konsep Bali modif yang mengambil latar di sekitar panggung terbuka museum dengan latar gerbang Asta Berata. Bahkan, pengambilan foto juga dilakukan di museum kontemporer yang menampilkan berbagai karya lukisan dari almahum Maestro Gunarsa.

“Melalui foto, juga kita kenalkan karya-karya lukisan dari maestro Alamahum Gunarsa, yang merupakan seniman besar di Klungkung. Kita perlu apresiasi sumbangsih beliau, setidaknya dengan memperkenalkan karya lukisannya melalui fotografi,” Jelas Komang Mudi

Dengan event foto ini, ia juga berharap dapat menambah minat masyarakat untuk berkunjung ke Museum.

“Secara tidak langsung, semoga upaya kami ini mampu menambah minat masyarakat untuk berkunjung ke Museum. Menurut kami itu sangat penting, selain berwisata, juga bisa sebagai media edukasi untuk mengenal sejarah dan karya seni di Museum,” Harapnya. (*)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *