18 Hari Liburan, Bandara Ngurah Rai Layani 1,3 Juta Penumpang

KataBali.com – 1,3 juta penumpang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama 18 hari operasional Posko Monitoring Angkutan Udara Lebaran 2018.

Banyaknya peningkatan jumlah penumpang didominasi wisatawan asing mulai terlihat sejak adanya pengajuan extra flight dari dan ke Bali melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

“Total jumlah penerbangan selama pelaksanaan posko monitoring angkutan Lebaran 2018 adalah 8131 penerbangan , meningkat 8,52 % atau sebesar 846 pesawat lebih besar dibandingkan dengan periode Lebaran 2017,” sebut General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi usai penutupan Pelaksanaan Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran 2018 bertempat di area publik terminal domestik Senin (25/6/2018) .

Untuk untuk jumlah penumpang, tercatat 1,3 juta penumpang. Jumlah ini, meningkat 11,61 % atau sebesar 102 ribu penumpang lebih besar dibandingkan dengan periode Lebaran 2017.

“Sejak 7 Juni 2018 sampai dengan penutupan posko terdapat 176 extra flight,” sambung Yanus.

Peningkatan jumlah penumpang melalui bandara dipicu oleh Libur Lebaran yang dibarengi oleh libur anak sekolah serta libur Lebaran yang lebih panjang.

Karenanya, trend pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat terdistribusi rata selama posko yang telah kami antisipasi sebelumnya.”

“Puncak kepadatan penumpang secara keseluruhan terjadi pada tanggal 23 Juni 2018 tercatat sebanyak 78.773 penumpang,” katanya menegaskan .

Sementara puncak kedatangan penumpang teradi 15 Juni 2018 sebesar 39.867 orang dan untuk keberangkatan penumpang puncaknya terjadi pada tanggal 22 Juni 2018 se besar 40.415 penumpang.

Dari sisi pergerakarn pesawat puncak kedatangan 22 Juni 2018 sebesar 234 pesawat dan untuk keberangkatan puncaknya terjadí pada 13 dan 22 Juni 2018 sebanyak 240 pesawat.

Yanus menambahkan, kepadatan yang terjadi tidak mempengaruhi pelayanan selama di bandara, yang dinilai tetap berjalan aman, tertib dan lancar.“Jumlah pergerakan penumpang dan pesawat selama posko jika dibandingkan dengan rata rata harian terjadi peningkatan sebesar 20,9 % berbanding lurus dengan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 5,6 % , ” sambungnya.

Kegiatan posko melíbatkan beberapa stakeholder di wilayah Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali yakni Otoritas Bandara Wilayah IV. TNI AU, Polda Bali, Kepolisian Kawasan Udara Ngurah Rai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Basarnas, Airline dan Ground Handling.

Pihaknya mewakili Manajemen PT. Angkasa Pura I (Persero) mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat atas kerjasama yang telah terjalin selama pelaksanaan posko dari segala sisi baik pelayanan, keamanan dan keselamatan.

“Kita harus bersyukur selama pelaksanaan posko keamanan sangat kondusif dan tidak pernah ada gangguan dalam penanganan operasional baik fasilitas lanside dan airside,” demikian Yanus. jckn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *