Satgas Pertamina Pastikan Ramadan dan Lebaran, Lancar Penyaluran BBM di Bali

KataBali.com – Pertamina membentuk Tim Satgas Khusus guna memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG di wilayah Bali Nusa Tenggara.

Menyambut Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) mempersiapkan langkah-langkah antisipatif dalam penyaluran BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara.

“Konsumsi normal harian BBM  untuk wilayah Bali baik gasoline (premium + pertamax series) dan gasoil (solar/bio+ dex series) berada pada kisaran volume 3000 KL,” sebut General Manager Pertamina Marketing Operation Region V Ibnu Chouldum dalam rilis Kamis (17/5/2018)

Dikatakan, menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pertamina memprediksi terjadi peningkatan konsumsi sekitar 1% hingga 5% untuk produk BBM.

Pihaknya selain menyiapkan penambahan stok, juga melakukan upaya lainnya seperti pembentukan tim Satgas khusus yang bertugas memantau dan mengkondisikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG.

“Tim Satgas ini akan beroperasi pada H-14 hingga H+7 Idul Fitri, tegasnya.

Penyaluran LPG di Wilayah Bali Sepanjang bulan Ramadhan  Berbeda dengan BBM, prediksi rata-rata konsumsi bulanan LPG PSO (bersubsidi 3 kg) di wilayah Bali yaitu sebesar 15.432 Metric Ton / Bulan.

Pada saat bulan Ramadhan danHari Raya Idul Fitri, Pertamina memprediksi akan mengalami peningkatan konsumsi LPG 3 Kg pada bulan Mei 2018 sebesar 6% dari konsumsi normal bulanan atau mencapai 16.358 MT.

Disebutkan, konsumsi LPG Non Subsidi (Bright Gas 5.5 kg, Bright Gas 12 Kg, dan LPG 12 kg) di Bali juga diprediksi mengalami peningkatan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri sebesar 9% (631 Metric Ton/bulan) dibandingkan dengan konsumsi normal bulanan yaitu sebesar 574 MT.

Selain peningkatan stok, upaya Pertamina dalam mengamankan pasokan LPG antara lain dengan melakukan built-upstock di tabung dan menjaga stok di storage agar selalu penuh. Begitu pula built-up stock di agen, pangkalan, dan outlet LPG.

“Kami membentuk 22 Agen Siaga dan 108 Pangkalan Siaga di wilayah Bali,” sambung Chouldun.

Selain itu, pengamanan pasokan LPG dengan menambah alokasi penyaluran channel distribution sampai dengan 109% dari konsumsi normal.

Pihaknya juga memonitor kondisi cuaca dan gelombang penyebrangan Lombok-Bali serta berkoordinasi dengan pihak pelabuhan & kapal.

Berikut data konsumsi normal harian dan prediksi pada saat Ramadhan & Idul Fitri 1439 H.

Produk BBM Konsumsi Normal Harian Prediksi Konsumsi Ramadhan & Idul Fitri 1439 H
Premium 602 KL/Hari 632 KL/Hari
Pertalite 1.160 KL/Hari 1.218 KL/Hari
Pertamax 716 KL/Hari 752 KL/Hari
Pertamax Turbo 2 KL/Hari 2 KL/Hari
Solar 478 KL/Hari 472 KL/Hari
Dexlite 38 KL/Hari 37 KL/Hari
Pertamina Dex 4 KL/Hari 4      KL/Hari

(jckn)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *